Lampaui Target Pajak, Meski TA Belum Berkahir

Siapa sangka bahwa masyarakat Banjarbaru menjadi masyarakat yang cukup teladan dalam hal pembayaran pajak Biaya Perolehan Hak tas Tanah dan Bangunan. Kepala DPPKAD Drs Thalmi Hasani didampingi Kepala Bidang Pendapatan Muhammad Fauzie menjelaskan, dari realisasi penerimaan pajak BPHTB per September telah lebih dari ketetapan target. “Hingga September tadi, realisasi penerimaan mencapai Rp5,97 miliar atau mencapai 107,2 persen dari target pajak yang masuk komponen pendapatan asli daerah yang ditetapkan sebesar Rp5,5 miliar,” ujarnya, awal pekan tadi.

Menurutnya, dalam setiap bulam penerimaan berhasil dihimpun sekitar 500 juta rupiah dalam setiap bulan. Oleh karenanya, tambah Thalmie, jumlah itu mampu melampaui target meskipun tahun anggaran belum berakhir. “Kami optimis realisasi penerimaan pajak BPHTB mencapai 6,5 miliar rupiah pada akhir tahun nanti. Tersebab masih ada waktu sekitar 3 bulannaan sebelum akhir dari tahun anggaran, katanya.

Sementara itu, dinilai dari potensinya, pajak yang dikelola langsung oleh Pemko Banjarbaru terhitung sejak tahun 2011. “Sebelumnya memang ditangani pemerintah pusat. Angka ini terus berkembang seiring dengan transaksi jual beli bangunan maupun tanah di seputar wilayah Kota Banjarbaru,” bebernya.

Di samping itu, kerjasama beberapa pihak dianalsis lebih mempengaruhi sistem perkembangan penerimaan pajak itu. Sebab, transaksi jual beli tanah atau banguna diatas angka 60 juta rupiah sudah tentu dikenakan pajak BHTP. “Dengan catatan besaran pajak tersebut sebesar lima persen dari nilai transaksi. Dan dihitung dari nilai transaksi setelah dikurangi pajak minimum,” terangnya.

Dibandingkan tahun 2011, realisasi penerimaan pajak BPHTB belum mencapai target. “Realisasi sebesar Rp5,05 miliar atau 96,89 persen dari target sebesar Rp5,2 miliar. Nah pencapaian tahun ini tentu tak lupur dari giat serta kerjasama notaris, BPN, serta pihak kecamatan dan kelurahan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: