Warga Jl Bina Guna Punya Bank Sampah

Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli begitu sumringan ketika tiba di Jl Bina Guna Kelurahan Guntung Manggis Banjarbaru. Hal itu lantaran warga wilayah tersebut telah merealisasikan bank sampah. “Ini merupakan bukti nyata  keseriusan serta komitmen bersama seluruh lapisan masyarakat untuk mengelola lingkungannya masing-masing agar tetap sehat dan bersih,” ujarnya juga ketika menyampaikan sambutan Walikota Banjarbaru Ruzaidin Noor pada acara Launching Bank Sampah Bina Guna, Rabu, (7/11) kemarin pagi.

Menurutnya, sampah merupakan satu permasalahan yang memerlukan perhatian ekstra sekaligus menjadi pointer penilaian terpenting oleh tim adipura, yaitu masalah pengelolaan sampah. “Karena keberadaan sampah saat ini menimbulkan dilema tersendiri di seluruh daerah di tanah air, tidak terkecuali di daerah kita Banjarbaru ini. Maka mari kita berteman dengan sampah dalam artian mengelolanya dengan baik dan benar maka akan bernilai ekonomis, Sebagaimana bank sampah hasil kreatifitas warga ini,” ujarnya.

Di samping itu kata Ogi, sebagai Kota yang telah meraih penghargaan adipura sebanyak 4 kali berturut-turut dari pemerintah republik Indonesia, ia mengaku bangga dengan masyarakatnya. “Kita sangat menyambut baik menyambut baik adanya program bank sampah ini, karena selain sangat relevan dengan komitmen program Banjarbaru Green and Clean yang telah kita canangkan beberapa waktu lalu, juga dapat menjadi program pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Ia menilai inisiatif pendirian bank sampah sebagai wujud nyata partisipasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola lingkungan dengan baik. “Semoga keberadaan bank sampah ini mampu memberikan manfaat positif bagi warga sekitar, terutama dalam menyelaraskan hubungan antara masyarakat dan lingkungan sekitar. Selain itu, saya berharap bank sampah ini juga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya yang terlibat langsung dalam pengelolaan bank sampah ini,” katanya.

Selain itu ya mengharapkan dalam watu ke depan mampu memberdayakan masyarakat dari aspek ekonomi. “Keberadaan bank sampah ini juga mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah organik dan non-organik di lingkungan masing-masing, sehingga keberadaan bank sampah mampu mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir,” pungaksnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s