Perayaan Tahun Baru Rentan Pemakaian Narkoba

Wakil Sekretaris Komisi I DPRD Prov Kalsel Ir Soegeng Soesanto menuturkan, Perda tentang Nerkotika sudah disahkan. Dikatakannya, saat ini Kalsel menempati poisis kelima peredaran terbesar narkotika se-Indonesia. “Kita ini ranking 5 terbesar di Indoensia untuk peredaran Narkotika. Itu data berdasarkan temuan,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, Rabu malam, (25/12), kemarin, di Banjarbaru.

Menurutnya, menjelang perayaan malam tahun baru mendatang seluruh daerah pasti akan memanfaatkan momentum tersebut dengan berbagai macam kegiatan yang sifatnya hura-hura. “Dan kecendrungan pad akhirnya kepada mabuk-mabukan, miras, bahkan pemakaian narkotika. Oleh sebab itulah, saya mengimbau kepada lembaga seperti kepolisian, BNN, tertuma pemerintah daerah/kota agart bisa memberikan tekanan khusus. Pun jikalau tetap menyelenggarakan acara masih dalam lingkup budaya Kalsel. Bukankah kita tau Kalsel dinilai religi, serambi mekaah ada di  Martapura pula, masa kota religi tingkat pengguna narkobanya tinggi,” keluhnya.

Ia mengimbau agar Kalsel jangan dibanding-bandingkan dengan Jakarta. “Kalau di Jakarta dengan sejuta eventnya mungkin wajar. Tapi kalau di Banjar, rasanya tidak pantas. Siapapun yang berwenang memberikan izin tentu haru sigap menuyikapi momentum. Karena banyaknya acara akan berdampak kejahatan yang multilevel,” ujarnya.

Dijelaskan Soegeng, multilevel yang dimaksud yaitu banyaknya efek negatif saat perayaan pergantian tahun ini berlangsung. “Pergantian tinggal kurang dari sepekan. Maka saya berharap kepolisian atau pihak keamanan bisa detail memberikan izin. Kalau memang berpotensi adanya tindak criminal, kejahatan,. Kemacetan berlebih, maka tidak usahd iberikan izin,” tegasnya.

Diharapkannya semua pihak bisa terlibat dalam upaya meminimalisir peluang itu muncul. “Dan usaha ini menjadi langkah kongkrit. Misal mnelakukan sidak ke tempat yang memungkinkan terjadinya penggunaan narkoba, termasuk pembatasan jam operasional. Kalau biasanya jam malam berlaku patrol pukul 11, terkadang malam tahun baru diperlama sampai pukul 04.00 dini hari, padahal sangat tidak perlu. Nanti di tahun 2013 Kalsel malah naik ranking lagi,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s