Tekan DBD, Dinkes Lakukan Fogging

Menyusul adanya kasus satu keluarga yang terindikasi Demam Berdarah (DBD), pihak Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru akhirnya melakukan penyemprotan asap (fogging) di Komplek Wella Mandiri RT 13, Kelurahan Syamsudin Noor. Sebagaimana keterangan data dari Dinkes Kota Banjarbaru, sudah ada 6 warga setempat yang menjalani perawatan di rumah sakit lantaran gigitan nyamuk Aedes Aegypti itu.

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Banjarbaru Amir Rizali Guzairi menetapkan status “Waspada” kepada seluruh warga Banjarbaru dalam hal wabah DBD. “Sebagaimana himpinan data dari awal 2012 hingga awal Desember sekarang, tercatat 120 kasus DBD. Angka ini bertambah tajam daripada angka tahun 2011 yang hanya berjumlah 12 kasus,” jelasnya kepada hirangputihhabang.wordpress.com, Minggu, (16/12), kemarin.

“Kita Mengimbau kepada masyarakat agar menyegerakan ke rumah sakit jika muncul tanda-tanda DBD. Semisal mengalami panas tiba-tiba tanpa gejala lain. Status sekarang memang masih ‘waspada’. Belum ketingkat Kejadian Luar Biasa (KLB),” tambahnya.

Dijelaskan Amir, pihak Dinkes telah melakukan penyelidikan epidemiologi ke beberapa lokasi ditemukannya kasus serangan DBD termasuk yang di Golf. Di wilayah tersebut sengaja dilakukan fogging lantaran sudah terdapat dua kasus serangan DBD. “Selain itu penyelidikan epidemiologi dilanjutkan di Kemuning serta daerah Sungai Besar. Namun kita sangat menyayangkan bagi sebagian pemilik rumah tidak ada di tempat ketika tim teknis akan melakukan fogging dan melakukan penyelidikan angka jentik,” paparnya.

Ia mengatakan efek yang dihasilkan dari fogging membunuh nyamuk dewasa. Tapi tidak bagi jentik. “Telur nyamuk tetap bertahan. Cara efektif mencegah tak lain adalah 3M. Langkah ini wajib dilakukan tersebab sudah masuk musim penghujan. Sebagian kita koordinasikan dengan Puskesmas-puskasmas untuk abatisasi penyelidikan epidemiologi untuk menilai layak atau tidaknya melakukan fogging di lokasi tertentu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: