Tiada Maaf Bagi Pungli Sekolah

Pungutan liar memang seakan menjadi hal yang lumrah bahkan hampir di seluruh sekolahan pernah melakukan tindak yang meresahkan orang tua murid tersebut. Lagi-lagi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Ahmadi Arsyad dibuat geram dengan laporan tersebut.

Dikatakannya, dilarang sama sekali melakukan pungutan di sekolah dalam bentuk apapun apalagi jika mewajibkan murid untuk membeli buku pelajaran yang disediakan oleh guru yang bersangkutan. “Ini harus diketahui seluruh orang tua murid. Kalau mau menyarankan kepada murid untuk membeli buku pelajaran tambahan boleh saja. Tapi tidak untuk memaksa. Artinya tidak ada paksaan dan atau arahan untuk membeli buku dengan merk tertentu. Apalagi mengancam,” jelasnya kepada wartawan, Rabu, (19/20) kemarin.

Menurutnya, pihak Disdik tak menjamin apakah soal-soal yang keluar dari buku yang dibeli peserta didik tersebut akan keluar pada saat ulangan. Tersebab setiap sekolah sudah mendapatkan buku panduan masing-masing yangbersifat gratis dan tidak diperjualbelikan. “Jika hal ini masih terjadi dan oknum guru yang berbuat memperjualbelikan buku pelajaran kepada anak muridnya kedapatan, maka yang bersangkutan diberi sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dari sanksi ringan hingga sanksi berat yakni pemberhentian sebagai Pegawai Negri Sipil (PNS),” tegasnya.

Dalam waktu dekat, ia mengaku akan membentuk tim ahli untuk langsung menyelidiki kasus-kasus tersebut di sekolahan. Apabila terbukti maka akan diberinga peringatan teguran. “Untuk tahun 2013 mendatang, sanksi tegas kita terapkan kepada para oknum tersebut, pemberhentian langsung dari jabatannya. Sasuai PP no 60 tahun 2010,” ancamnya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: