Pembantu Dekan FP Unlam Batal Dilantik

Dosen Menilai Surat Pembatalan Dari Rektr Tak Jelas Sebab 

Pelantikan dan Serah terima Jabatan Pembantu Dekan (PD) I, II, dan III Fakultas Perikanan Unlam Banjarbaru dibatalkan, Sabtu, (29/12), kemarin. Menurut sumber yang didapat MK, pembatalan pelantikan itu terjadi setelah pihak panitia menerima surat pembatalan dari rektot Unlam Ruslan. Di surat tersebut tertulis “Diberitahukan dengan hormat bahwa setelah saya mempelajari Kriteria I, II, dan III, ketiganya tidak memenuhi syarat sebagaimana peraturan rektor Unlam no 3331B/UN/KP/2012 Bab II Pasal 5 ayat 6” dilanjutkan dengan alasan kedua, adanya laporan masyarkat/alumni/mahasiswa tentang keberatan atas calon yang diusulkan, berkenaan dengan itu maka berkas usulan pengangkatan dikembalikan.

Saat ini Dekan Fakuktas Perikanan Unlam Banjarbaru masih diduduki oleh Ir Pahmi Ansyari Ms. Bakal Calon PD I, II, dan III tersebut adalah Dr Yusfihana STi Msi, Hj Ririn Kartika Rini Ir MP, dan Ir Irhamsyah Msi yang mana berkas pengusulan pengangkatan ketiganya dikembalikan pihak rektorat Unlam.

Dikonfirmasi hal tersbut, dosen Fakultas Perikanan Unlam Banjarbar Dr Yusfihana kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com menuturkan, surat pembatalan tersebut baru sampai ke pihak panitia pelantikan baru di hari Sabtu, (29/12), pagi kemarin. “Memang di surat tanggalnya 28 Desember 2012. Tapi surat dari rektor itu katanya baru sampai ke pantitia hari Sabtu sekitar jam 10 an. Saya juga dapat kabar dari telpon kalau pelantikan dan serah terima jabatan itu dibatalkan jadi saya tak sempatkan berhadir di ruangan lantai 3 tempat berlangsungnya acara,” jelasnya.

Menurutnya, waktu itu pun sebagian undangan sudah pada datang. Tapia pa boleh buat keputusan sudah diambil dari jenjang yang lebih tinggi. “Saya belum tahu pasti apa sebab dibatalkan dan perubahan ini. Isi poin persyaratan itu pun masih abstrak. Kita juga masih bertanya-tanya, kenapa sampai dibatalkan? Kenapa harus melakukan pemilihan ulang? Saya bersama balon PD yang lain belum bisa bertindak lebih lanjut karena proses pemilihan pun memang melalui senat,” katanya.

Selain itu, katanya, Isi peraturan rektor nomor no 3331B/UN/KP/2012 Bab II Pasal 5 ayat 6 itu juga tidak dijelaskan tentang apa, menyangkut hal apa, tidak ada kejelasakan sama sekali. “Lampirannya tidak ada. Padaha tertulis 1 bundel. Tapi memang tidak ada. Kita juga masih mencari-mencari peraturan rektor nomor yang telah disebutkan itu isinya apa. Dan poin yang menyatakan adanya laporan masyarakat, masyarakat mana? Alumnus mana? Mahasiswa siapa? kita belum tahu itu,” bebernya.

Dikatakannya, proses pemilihan PD tersebut melalui proses. Wakut pemilihan para dosen dikasih kriteria dosen dan sejumlah surat kesediannya. “Jadi dari PD I, II, dan III diberikan surat kesediaannya untuk masuk dalam kriteria menjabat sebagai PD. Kalau tidak bersedia ditulis tidak. Kalau bersedia berarti siap menjadi PD. Pemilihan itu dari senat, dosen tak bisa seenaknya mengusulkan atau menentukan nama,” terangnya.

Di sisi lain, salah satu Dosen Fakultas Perikanan Unlam Banjarbaru Rozani menuturkan, pelantikan dan serah terima jabatan PD I, II, dan III Fakultas Perikanan Unlam Banjarbaru itu diharuskan adanya pemilihan ulang. “Mungkin sudah ada koordinasi terkait perihal ini kepada rektor untuk membicarakan lebih lanjut. Bisa juga ada ketidakterimaan mahasiswa dengan dekan baru, dan masalah lainnya. Yang jelas pelantikan dibatalkan dan pemilihan ulang masih pada waktu yang belum pasti,” tambahnya.

Terkait perihal kedatang surat tersebut, ia mengaku tak mengetahui sama sekal. Sebab ketika tiba di ruang lantai 3 tempat berlangsungnya pelantikan dan serah terima jabatan sekitar pukul 10.00 Wita, pada undangan, panitia, dan yang lain beranjak bubar dan berberes-beres. “Saya tidak mengetahui secara pasti sebab-sebabnya. Surat yang diterima itu kabarnya masih global, tidak ditujukan ke individunya. Jadi, dosen pun masih bingung menterjemahkan,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: