2013, RSBI Diwacanakan SBI

Salah satu RSBI Idaman di Jl RO Ulin Kota Banjarbaru
Salah satu RSBI Idaman di Jl RO Ulin Kota Banjarbaru

Mewujudkan Kota Banjabaru sebagai Kota Pendidikan memng bukanlah perihal mudah. Tapi mau tak mau tetap harus dilakukan. Sebagaimana komitmen dari Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru yang akan membawa status RSBI Idaman menjadi SBI. “Tahun ini kita akan membawa SD RSBI Idaman untuk mendapatkan standar manajenmen iso 9001:2008. Hal demikian termasuk dalam persyaratan menuju SBI di tahun 2014 mendatang. Jadi kita godok persiapan itu mulai dari sarana pra satana serta, sistem belajar, dan fasilitas lainnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Drs Ahmadi Arsyah kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com, Kamis, (3/1), kemarin.

Tak hanya itu, dikatakan Ahmadi, nanti pihaknya juga akan melakukan sister school.  “Itu merupakan salah satu ciri yang dikembangkan dan menjadi menjadi trade marknya Sekolah Bertaraf Internasional, yaitu mempunyai sekolah saudara (sister school) di negara lain. Dan kita memungkinkan bersister school dengan Negara Malaysia,” tambahnya.

Menurutnya, penerapan sistem itu bertujuan agar siswa bisa saling berkunjung dan berbagi pengalaman sebagaimana layaknya saudara. “Instuisi bersaudara yang dimaksudkan adalah sekolah. Maka dari itu, maka personal didalammnya harus saling saling berinteraksi, baik itu kepala sekolah, wakasek, guru dan murid-muridnya,” jelasnya

Dijelaskan Ahmadi, merealisasikan hal tersebut bukanlah hal yang gampang. Biasanya, program itu dikemas dengan pertukaran budaya, memperkenalkan seni tari, permainan, atau sekadar kompetisi olah raga. “Ya mungkin sebagian kalangan berpendapat pergi keluar negri adalah suatu kebanggaan. Tapi landasan dasar kita adalah demi pendidikan,” ingatnya.

Ditambahkan Ahmadi, Sarana pra sarana yang ada di RSBI Idaman sudah memenuhi syarat. “Sebagaimana yang telah disebutkan dalam undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jumlah guru yang yang S2 Linier. Dab standar lain yang sedang dalam proses perlengkapan. Jika semua telah terpenuhi makan proses akan dinilai oleh spusat. Layak menjadi SBI atau tidak,” tandasnya.

Ia menhgarapakan dengan proses kelengkapan persyaratan nantinya rampung di tahun 2013 ini. “Jika itu trerpenuhi akan kita ekspose dnilai dari pusat dan 2014 betul-betul berstatus SBI. Kita mengharapkan dukungans semua pihak bisa membantu termasuk Pemko Banjarbaru, Pemprov Kalsel, dan instansi lain yang berkaitan agar bisa mendapatkan penghargaan di tingkat nasional dan bisa mewujudkan salah satu pedidikan yang bertaraf international,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: