Angin Ribut Sapu Banjarbaru

OPohon Tumbang dan Baliho Roboh

Sejumlah pohon dan baliho di beberapa titik wilayah Kota Banjarbaru tumbang akibat dihantam angin kencang berkekuatan 34 knot. Kepala Stasiun BMKG Bandara Syamsudin Noor mengatakan, telah dipastikan angin tersebut bukanlah angin puting beliung. “Bentuknya justru mengepul seperti awan dan menyapu rata dari arah barat,” ujarnya kepada hirangputihabang.wordpress.com, Rabu, (9/1), kemarin.

Sementar itu, forecaster BMKG Bandrasa Syamsudin Noor Uli Mahanani dan Sugianti menginformasikan, pergerakan awan disertai angin ribut tersebut sudah terlihat di radar dari pukul 11.00 Wita. “Kejadiannya cepat sekali. Padahal kita sudah berikan waring kepada beberapa media serta penrbangan. Namun tak disangka, angin tersebut telah menghantam wilayah perkotan dengan skala kecepatan 24 knot arah barat. Kejadiannya itu berlangsung sekitar pukul 11.00 sampai jam 12.10 khususnya wilayah Banjarbaru, Banjarmasin, dan Martapura. Angin tersebut perlahan menghilang ketika sampai wilayah Hulu Sungai tepatnya ke pegungungan meratus,” jelasnya.

Menurutnya, fenomena rentetan angin ribut yang menyapu perkotaan tersebut baru kali pertama terjadi dan cepat gerakannya. “Kumpulan angin disertai hujan tersebut menuimbulkan jarak minimal pandan manusia 700m. Untungnya saat realtime kejadian berlangsung tidak ada pesawt landing atau take off. Jadi tidak mengganggu penerbangan,” paparnya.

Dari pantauan hirangputihhabang.worpress.com di lapangan, sejumlah pohon tumbang yang menghalangi akses Jalan Utama terdapat di Jl A Yani Km 35 Depan Unlam Banjarbaru, Jl Pangeran Suriansyah depan Bappeda dan Kantor Samsat Kota Banjarbaru, Jl Pangeran Hidayatulah depan PDAM Intan Banjar, Jl Wijaya Kusuma seberang Polresta Banjarbaru, dan sejumlah pohon yang juga menimpa sebuah rumah di Jl PM Noor, seberang kantor Telkom Kota Banjarbru.

Menyikapi persitiwa itu, sejumlah personil dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan Dinas Tata Kota langsung dikerahkan ke sejumlah titik lokasi untuk melakukan evakuasi mendampingi Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli yang juga langsung turun ke lapangan. “Semua kemampuan kita kerahkan sejumlah truk dan bobcat untuk mengevakuasi pohon dan ranting yang tumbang. Terutama yang patah dan menghalangi akses lalu lintas,” ucap Ogi.

Di sisi lain, Kabid Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum Disberteman Kota Banjarbaru Yurlani memaparkan, sementara ini ada sekitar 10 buah pohon yang tumbang di beberapa titik. “Wilayah JL A yani, Kemuningm, serta ranting dan dahan yang berhamburan di Taman Van der Pijl, dan sekitar 7 titik yang sudah tertangani,” katanya.

Pihaknya mengaku langsung merespon dengan cepat supaya pepohonan yang tumbang tersebut tidak menghalangi jalan. “Hampir semua dikerahkan baik itu di bidang kebersiham, pertamanan, PJU, dan intansi terkait. Sementara akibat yang kita temui di lapangan, banyak kabel telkom dan kabel penerangan jalan umum yang putus. Secepatnya akan kita tangani ini. Kita memprioritaskan yang benar-benar mengganggi lalu lintas. Yang memang pohonnya jatuh langsung ke jalan. Kalau sisa ranting dan dahan mungkin akan kita lanjutkan pembersihan besok,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: