Ruislag SDN Sungai Besar 1 Menunggu Persetujuan

Carut marut persoalan ruislag SDN Sungai Besari 1 tampaknya sudah mulai menemukan titik terang. Pasalanya, pihak manajemen Q Mall Banjarbaru telah melakukan ekspose lokasi sebagai alternatif Pemko untuk mengalihkan aset tersebut. Manajer Direktur Q Mall Banjarbaru Wahyu Utomo kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya telah merencanakan dua lokasi yang berkemungkinan sebagai pengganti lahan dan bangunan sekolahan SDN Sungai Besar 1 nantinya.

“Kita tawarkan dua lahan yaitu di sekitar wilayah Batas Kota Gg Petai yang berjarak kurang lebih 700 meter dari Jl A Yani dan juga di samping Jl Mistar Cokrokusumo dekat jembatan sungai Kemuning Banjarbaru,” ujarnya Kamis, (14/2), kemarin.

Dijelaskan Wahyu, kedua lahan tersebut sebagai alternatid yang ideal bagi bangunan sekolahan berukuran 3000 meter persegi. Pihaknya memberikan kewenangan kepada Pemko Banjarbaru untuk memilih.

Ruislag SDN Sungai Besar 1 tersebut melibatkan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPKAD) serta Bagian Hukum.

Ketidak idealan posisi bangunan sekolah di samping mall serta kebisingan yang ditimbulkan akibat berada persis di pinggir jl besar sepert A Yani dinilai Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Ahmadi Arsyad sebagai alasan utama di pindah. “Kemudian dari sisi luasan lahan juga sudah tak ideal untuk sekolahan. Apalagi proses pembangunan dan pengembangan mall pasti mengganggu proses belajar mengajar dengan kebisingan bunyi-bunyian mesin dan lain sebagainya,” papar Ahmadi.

Bahkan sebelumnya sempat tersiar kabar ada 3 alternatif yang akan menjadi tempat baru para siswa SDN Sungai Besar 1 itu mengenyam pendidikan. Yaitu di perbatasan antara Banjarbaru dan Martapura dengan luasan lebih dari 3.000 meter persegi.

Di sisi lain, Ketua Tim Ruislag SDN Sei Besar 1 yang juga Sekda Kota Banjarbaru Dr Syahriani Syahran menilai, setiap lahan punya kelebihan dan kelemahan untuk dijadikan lokasi sekolahan. “Kita masih pertimbangkan ini agar terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Yang jelas lokasi sekolah yang baru tidak bisa diterima oleh komite sekolah juga jarak yang tidak terlalu jauh dari lokasi yang terdahulu agar tidak membebani para orang tua atau guru yang sudah terlanjur bermukim di sekitar sekolahan itu,” paparnya.

Ia mengatakan, ahli waris tanah SDN Sei Besar 1 tidak mempersoalkan jika lahan tersebut dialihkan dan tetap dipergunakan sebagai lokasi bangunan pendidikan. Kajian tersebut katanya segera akan dilaporkan ke Walikota dan anggota Dewan guna persetujuan. “Jika persetujuan sudah didapat maka dalam jangka waktu dekat minimal pekan di depan pihak tim penaksir harga atau appraisal independen bisa mulai menentukan. Sedangkan untuk desain bangunan kita serahkan langsung kepada manajemen Q-Mall Banjarbaru,” pungkasnya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: