Harapkan Developer Perumahanan Taati Aturan

Walikota Banjarbaru Ruzaidin Noor mengaku selalu mengingatkan agar pengembang developer permumahan yang berinvestasi di Banjarbaru selalu memenuhi ketentuan dari pemerintah. “Kita mengharapkan agar pengembang mampu memenuhi persyarakan dan mentaati peraturan sebelum mulai mengembangkan. Terlebih di Banjarbaru saat ini begitu menjamur perumahan yang terletak di seluruh Kecamatan di Banjarbaru,” katanya, Minggu kemarin.

Menuturnya, pada peraturan daerah sudah dijelaskan seluk beluk bagaimana seharusnya membangun pemukiman khususnya perumahan. Maka ia sangat berharap pihak pengembang mampu merealisasikan peraturan itu dalam usahanya. “Seluruh aktivitas pengembang perumahan tentu dalam pengawasan. Jika ada yang melanggar aturan sudah tentu pemerintah berhak menindak. Bahkan warga juga berhak melaporkan jika terjadi pelanggaran peraturan oleh developer pengembang perumahan tersebut dalam ruang lingkup izin mendirikan bangunan dan persyaratan fasilitas,” ujarnya.

Senada dengan Walikota, Wagub Kalsel Rudy Resnawan menginginkan agar developer perumahan jangan hanya mementingkan pribdainya. Artinya tidak mendukung program pemerintah terkait aturan tata lingkungan penduduk yang tertata, bersih dan sehat.

“Semua kan sudah ada aturannya. Pembangunan komplek perumahan wajib memperhatikan fasum yang memadai. Semisal saluran ari dan pembuangan limbah. Ditambah lagi akses jalan di komplek perumahan. Sayangnya sampai sekarang ini setahu saya masih banyak komplek perumahan yang tidak ada RH dan jalannya sempit bahkan becek. Itu yang sudah banyak penghuninya. Apalagi yang sedikit penghuninya,” ujarnya.

Meski developer menawarkan dengan harga murah, Kata Rudy, namun jangan sampai pengembang melalaikan perhatiannya kepada dampak 5 sampai 10 tahun ke depan. “Kalau tidak ditatata, Pertumbuhan pembangunan di Banjarbaru ini nantinya akan kumuh. Lingkungannya tidak sehat. Maka dari itu saya harapkan lembaga pemerintahan berperan aktif pada pengawasan setiap proyek developer perumahan. Khususnya yang ada di Banjarbaru sekarang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: