Bersiap UN

Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan serentak pada 15 April 2013 hingga 18 April 2013 membuat sejumlah pendidikan dan siswa tertutama tingkat Menengah mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Sedangkan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) segera menyusul pelaksanaannya pada bulan Mei.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru mengatakan, Kemedikbud telah menyeragamkan soal UN tersebut se Indonesia. “Soal-soal dipastikan tidak ada yang berbeda seluruh Nusantara. Sebagaimana yang telah diterangkan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya kepada MK, Minggu, (31/3), kemarin.

Meski kemungkinan kualitas pendidikan di setiap wilayah berbeda-beda, namun untuk pelaksanaan UN dipastikan soal yang diberikan sesuai dengan standar untuk para siswa. “Kesenjangan dipastikan tidak ada. Karena pembuatan soal tersebut pastilah melalui proses kajian yang matang sesuai dengan standarisasi,” tambahnya.

Sedangkan sistem variasi soal yang telah diterapkan pada UN tahun lalu kali ini masih akan dilakukan. Sistem variasi sejumlah 20 soal bagi masing-masing kelas tersebut bertujuan agar siswa bisa fokus dan konsentrasi mengerjakan soal yang di hadapannya. “Tak hanya substansi soal. Variasi soal juga tetap sama ada 20 dan bahkan kabarnya pakai barcode,” tuturnya.

Ia mengimbau kepadas sekalian para peserta UN di Banjarbaru agar bisa mempersiapkan diri sedini mungkin. Agar nantinya bisa memperoleh hasil yang memuaskan. “Terutama adalah menjaga kondisi kesehatan, belajar lebih giat dan berdoa. Buat keyakinan lulus pada diri sendiri. Kita juga menginginkan agar orang tua bisa turut mengawasi dan ikut memotivasi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: