Cuti Pengaruhi Disiplin Pegawai

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Drs Firdaua Hazairin mengatakan, kedisplinan PNS di lingkunan Banjarbaru masih dinilai mencukupi artinya tebilang tidak buruk. Hal itu katanya dapat dilihat dari presentasi kehadiran. “Evaluasi pembinaan kepegawaian selalu kita bahas dalam rakor. Maka dari itu, saya kira sejumlah PNS tentu sadar dengan kedisiplinan yang sering disosialisasikan itu,” katanya kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com, Rabu, (27/3), kemarin.

Rakor tersebut, katanya, juga dilaksanakan secara merata di seluruh kelurahan. Selain itu pula pada tahun 2013 ini pembahasan dalam rapat juga sering berfokus kepada hubungan dengan kebijakan pendidikan dan pengembangan aparatur SDM Pegawai Negri Sipil dalam ruang lingkup Kota Banjarbaru. “Ada beberapa rekomendasi terkait pembinaan kepegawaian itu. Bisa dari lembaganya tiap yang melakukan pembinaan itu. Dari unitnya sampau ke tingkat kelurahan. Artinya dimulai dari tahap terendah,” jelasnya.

Sedangkan data keikutsertaan pegawai yang mengikuti apel pagi dan sore dikatanya mencapai angka 97,70 persen. Jadi jumlah ketidakhadiran di sekitar angka 5,53 hanyal pegawai yang tidak hadir karena alasan penting. “Dari 5,53 persen itu 0,27 persennya tanpa keterangan. “Berdasarkan konsikuensi PP 53 tahun 2010, jika pegawa yang bersangkutan sampai 5 hari tidak masuk kerja tanpa kabar maka atasan berhak dan wajib menjatuhkan hukuman disiplin. Jadi tinggal lagi tergantung SKPD dimana yang bersangkutan bekerja. Sanski itu bisa dengan memberikan teguran lisan dan itu sudah termasuk kategori hukuman. Termasuk juga cuti alasan pernting,” paparnya.

Cuti alasan penting sendiri katanya ada standar penilaian tertentu dari dinas yang bersangkutan jika alasan tersebut benar-benar wajar. “Pun jika ada politik budaya dalam pemerintahan, itu tetap dihargai. Bagi yang cuti diperlukan melampirkan bukti. Kecuali darurat, seperti musibah yang tidak kita harapkan, maka bisa dibenarkan. Namun tetap melengkapi persyaratan di hari kemudian,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: