Nilai Tryout Anjlok

Kepala SMAN 2 Banjarbaru Purwati mengimbau kepada sekalian orangtua siswa agar bisa memberikan pemahaman kepada anak-anaknya untuk tidak percaya adanya lembar kunci jawaban saat UN nanti. “Tidak ada kunci jawaban yang disediakan ataupun disebar luaskan. Sangat kecil kemungkinan itu terjadi. Apalagi tahun ini soal UN tidak hanya terdiri lima soal berbeda pada tahun lalu melainkan ada 20 jenis soal yang berbeda,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Ia mengharapkan kepada setiap siswa agar percaya kepada kemampuan diri masing-masingg bukannya tergantung kepada isu lembar jawaban yang bisa didapatkan. Dalam satu kelas, kata Purwati, setiap siswa diberkan soal yang berbeda-beda.

Bercermin kepada hasil try out dinilai buruk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, sejumlah pihak ke sekolahan mengatisipasi keadaan tersebut dan berusaha agar tak lagi terjadi perihal demikian. Sebagaimana nilai try out UN sebelumnya pada SMA PGRI 2 Banjarbaru, hasil try out dari Disdik Provinsi yang ditempel di papan pengumuman di tenah sekolah menyatakan siswa 100% tak ada yang lulus.

Kepala Sekolah SMA PGRI 2 mengaku kecewa dan sangat miris melihat keadaan itu. Ia meyakini hasil UN nanti seluruh siswanya lulus seperti tahun kemarin. Penilaian kelulusan Disdik Provinsi katanya, formulanya masih sebatas murni nilai try out. “Kalau nanti UN pastilah nilai diformulasikan dengan ujian sekolah dan rapor. Bobot 40 persen nilai sekolah dan UN 60 persen,” tegasnya.

Tak beda dengan dengan SMA PGRI 1 Banjarbaru. Dari sini, hanya 1 siswa yang dinyatakan lulus. Dari 25 siswa di jurusan IPA, satu siswa dinyatakan lulus. Sedangkan 38 siswa di jurusan IPS hanya 1 siswa yang lulus. Demikian Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banjarbaru. Dari 37 siswa, hanya 3 yang dinyatakan lulus.

Kabid Dikmen Disdik Kota Banjarbaru Edy Yuana Pribadi membenarkan buruknya hasil penilaian tersebut. Namun ia memberi semangat bahwa penilaian kelulusan itu masih didasarkan murni hasil try out. “Jadi kita berharap siswa jangan sampai berkecil hati,” katanya.

Pihaknya sekolah kini menunggu hasil try out yang baru saja selesai dilaksanakan dari 25-30 maret yang lalu di sekolahan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: