SMAN 7 Banjarmasin Juara

Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2013 berakhir sudah. Beruntungnya, SMAN 7 Kabbanjar Banjarmasin berhasil memboyong gelar juara pertama dan berhak untuk kembali mengikuti pertandingan yang sama di tingkat Nasional di Jakarta.

Gelaran putaran final yang dilaksnakan pada Jumat, (30/3), kemarin, mempertemukan tiga sekolah terbaik yang menyingkirkan lawan dari sekolahan lain yakni SMAN Jorong, SMA Darul Hijrah Putri Martapura, dan SMAN 7 Banjarmasin. Ketiganya begitu antusias menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan dengan dinilai denganm seksama oleh 3 orang juri yakni Wakil Sekjend MPR RI Selvi Jaeni, Anggota MPR RI Fraksi Partai Golkar Dr Ir Hetifah MPP dan anggota DPD perwakilan Sulewesi Barat Saifullah Malonda.

A Naufal Hajiji ketua regu dari SMAN 7 Banjarmasin mengaku, persiapan menjelang lomba tersebut telah dilaksanakan sekolahannya sejak Oktober 2012 lalu. “Tentunya gugup sekali apalagi saat seleksi dengan 33 sekolah di Banjarmasin. Ketika sampai tingkat provinsi makin gorgi karena dari sekolah lain juga hebat apalagi saat melawan SMAN 1 Kandangan dan SMA Tanjung. Sedangkan di final barusan saya sangat bahagia dan merasa beruntung karena soal yang diberikan terkahir sebagai penentu poin pemenang adalah soal yang pernah kita jawab ketika latihan di sekolahan,” ingatnya.

Penanggung Jawab Kegiatan Kepala Dinas Pendidikan provinsi Ngadimun ketika membacakan sambutan Gubernur Kalsel Rudy Ariffin berucap, para pelajar terutama siswa tingkat SLTA diharapkan sudah mampu menjaga, memahami dan mengamalkan isi dari 4 pilar kehiduypan berbangsa dan bernegara tersebut. “Ini adalah bukti para pekajar Kalsel cukup antusias terhadap 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara ini. Tidak hanya tekstual tetapi juga mendalam. Diharapkan dalam kegiatan lomba ini bisa terus terlaksana dan berkembang. Serta terus melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah” ujarnya.

Di samping itu ia juga mengharapkan sekolah yang mewakili Kalsel ke tingkat Nasional bisa bersaing dengan sehat dan juara.

Sedangkan Kasi Ketenagaan Pembelajaran dan Sistem Pengujian Dinas Pendidikan Prov Kalsel Drs H Thalmas yang juga sebagai ketua Panitia Pelaksana didampingi Hj Abdurrahim menuturkan, lomba yang telah berlangsung sejak 26 Maret 2013 itu merupakan program dari MPR RI guna membangun karakter bangsa. “Dari pemuda inilah tentunya lahir generasi penerus bangsa. Tentu keberadaan lomba ini diharapkan mampun mecetak jiwa ke pemimpinan sejati di masa yang akan datang,” katanya.

Wakil Sekjend MPR RI Selvi Zaini mengatakan, ketua MPR telah berpesan kepada bahwa begitu merindukan para pelajar tersebut untuk bertemu di Jakarta. “Ini tingkat seleksi yang ke 14 dari 33 provinsi di Indonesia. Sedangkan  Penyelenggaraan merupakan kali ke e6 oleh MPR RI. Sangat diharapkan generaasi muda siswa ini mampu menjadi pemimpin Kalsel di masa mendatang bahkan memimpin Indonesia nantinya. Karena di tangan kaum mudalah nasib sebuah bangsa ditentukan,” pungakasnya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: