Tergantung Pusat

Sejumlah maryarakat tampak berkeluh kesah di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarbaru. Pasalanya, mereka yang saat ini datanya telah berubah seperti alamat lama ke alamat baru atau status lajang menjadi sudah kawin tak bisa sera-merta kembali dimasukkamn ke e-KTP.

Misalnya Tatang Tamtama, PNS di Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru yang awal mulanya berstatus lajang kini sudah menikah tidak bisa memperbaharui e-KTP nya yang ketika didata saat masih belum kawin.

Kabid Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapul) Kota Banjarbaru Dedy Sutoto membenarkan perihal tersebut. Dikatakanknya, pencetakan kembalki e-KTP tidak bisa dilakukan di Disdukcapil tiap daerah manapun. “Ini cukup menjadi permaslahan serius kita karena sudah banyak warga yang datang kesini mengeluhkan perihal tersebut. Sedangkan kita tidak bisa melayani dan menjadikan seperti e-KTP yang sudah mereka terima melainkan hanya bisa menggantinya dengn KTP SIAK saja,” katanya kepada wartawan.

Dijelaskan Dedy, informasi hasil rapat di pusat yang ia ketahui perbaikan e-KTP untuk e-KTP rusak atau perubahan data, penggantian alamat, perubahan status perkawinan dan agama baru bisa terlayani pada Oktober 2013 mendatang. “Sebenarnya kita pun sangat ingin mengabulkan peermohonan warga ini. Namun apalah daya karena tidak ada kemampuan. Kalau memang kebutuhannya sangat mendesak semisal untuk persyaratan salah satu urusan kita bisa saja gantikan dengan KTP SIAK,” jelasnya.\

Ia menilai pelayanan e-KTP terbilang lamban lantaran segala urusan harus  dilakukan oleh pemerintah pusat. Ia kembali menegaskan bahwa e-KTP untuk pencetakan sangat tergantung ke pusat. Jadi jika memang ada kerusakan, perubahan data, bahkan kehilangan maka tak ada cara lain selain dibyatkan KTP SIAK.

“Sejumlah disdukcapil mengeluhkan hal yang sama. Setahu kita beberapa disdukcapil di pemerintah daerah juga menyampaikan keinginan ke pihak pusat agar bisa mengirimkan peralatan pencetakan e-KTP ke daerah supaya pelayanan bisa lebih cepat dan tidak banyak memakan waktu,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s