BPN Perlu Musyawarah Mufakat

Carut marut persoalan lahan Sukamaju membuat sejumlah masyarkat setempat tak terima. Ketua RT 4 RW 1 Suparman memaparkan sejak Desember 2012, pihaknya menenumkan izin mendirikan bangunan (IMB) guna aktivitas pemagaran lahan yang mereka garap. “IMB untuk pemagaran lahan itu dari dinas tata ruang dan perumahan,” ujarnya kepada wartawan MK, kemarin.

Dikatakannnya, warga sudah menyampaikan surat keberatan mengenai hal tersebut kepada pimpinan daerah Kota Banjarbaru. Pada kesempatan itu, warga juga mempertanyakan adanya sertifikat sementara yang dikeluarkan BPN.

Menyikapi perihal itu, Ketua DPRD Kota Banjarbaru Drs H Arie Sophian menegaskan, dewan serius dalam menanggapinya. Namun tidak bisa dengan instan melainkan dengan tahapan. “BPN harus dihadirkan agar jelas dan berdasarkan azas legalitas, kalau perlu dibentuk tim ahli untuk mempelajari masalah ini,” ujarnya.

Ia juga meminta agar untuk semenata IMB pagar tersebut dihentikan untuk selama proses pencarian solusi didapat.

Kepala BPN Kota Banjarbaru Sulaiman Kurdi yang turut hadir dalam pertemuan,  menjelaskan amanat BPN Pusat agar masalah tanah di daerah-daerah dapat diselesaikan dengan baik.

Mengenai sertifikat sementara, Sulaiman mengatakan, adanya sertifikat sementara itu karena di daerah itu tidak ada peta desa. “Sertifikat sementara itu memang ada dan statusnya hukumnya sama dengan sertifikatnya,” kata Sulaiman.

Petugas Teknis Pengukuran BPN Kota Banjarbaru Darmawan menambahkan, adanya permohona  batas itu sesuai dengan aturan dan syarat, sehingga pengukuran dilakukan berdasarkan data di lapangan.“BPN menawarkan musyawarah untuk mufakat kalau ada warga yang keberatan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: