Pemko Survey Gelandangan

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor berinisiatif kembali untuk melakukan pembinaan kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Kota Banjarbaru. Meski sebelumnya ide ini sempat tercetuskan namun belum dinilai belum teralisasi dengan optimal.

Tak hanya para PKL, rencana golongan tunawisma di lingkungan Kota Banjarbaru juga akan mendapatkan perhatian terutama dari petugsa Satpol PP Kota Banjarbaru. “Kita merencanakan pembinaan intensif dan terprogram kepada PKL liar dan para gelandangan. Dan ini tidak sekali jadi, melainkan program pemko yang berkesinambungan,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Di antara ide positif tersebu Ruzaidin menyebutkan perlu ada lapangan kerja atau mempunyai lahan usaha yang tidak menyalahi Perda. Nantinya jika prgram tersebut sukses dan terlaksana dengan benar, maka evaluasi tahun demi tahunnya menjadi tolak ukur pendewasaan atau perkembangan Kota Banjarbaru yang baru saja merayakan hari ke-14 pekan lalu.

“Ini termasuk dari pelayanan pemerintah kepada masyarkat. Jadi tak sekadar program. Maka dari itu pemerintah juga menerlukan dukungan kuat dari masyarakat agar realisasi ini nantinya berjalan lancar sesuai harapan,” harapnya.

Di sisi lain, Kepala Satpol PP Kota Banjarbaru Masjudin Noor justru mengaku sudah melakukan sidak atau patroli ruti ke berbagai kawasan yang rawan adanya PKL liar ataupun gelandangan. “Tak Cuma satpol saya rasa. Tatapi hal demikian juga menjadi perhatian intansi terkait semisal Dinsosnaker baik itu Banjarbaru maupun Prov Kalsel. Maka dari itu koordinasi antar dinas tersebut terus kita lakukan. Termasuk hubungan ke berbagai panti sosial,” bebernya.

Menurutnya, para tuna wisma yang dibina bisa jadi tak hanya diberikan keterampilan dan dan timbal balik terhadap kepentingan program pemerintah. Melainkan menjadi bukti nyata perhatian masyarakat umum terhadap golongan yang itu. “Untuk sementara pemantau terus dilakukan. Dan jika memang diperlukan kita segera melaksanakan penjaringan gelandangan dan PKL liar,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: