Walikota Puas Melihat Perkembangan di HUT-14

Dalam peringatan HUT Kota Banjarbaru ke-14 Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor mengaku bangga dan menilai peningkatan Pemko Banjarbaru dalam pelayanan telah berhasil sesuai visi yakni menjadi kota yang mandiri dan terdepan dalam pelayanan.

“Kita telah maksimal berupaya memberikan pelayanan publik yang terbaik. Hingga di tahun ke-14 ini cukup berhasil menginkatkan potensi pelayanan tersebut diiringi dengan beragai pembangunan yang telah rampung serta fasilitas publik yang terpelihara,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Rapat Parpurna Istimewa di Graha Paripurna DPRD Kota Banjarbaru, Sabtu, kemarin.

Dijabarkan Ruzaidin, pelayanan yang berhasil ditingkatkan yakni pelayanan bidang pendidikan dengan keberhasilan meralisasikan anggaran sebesar 31,07 persen dari ketentuan sebesar 20 persen yang dialokasikan dalam APBD. “Aangka tersebut baik dalam partisipasi kasar, peningkatan angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, peningkatan jumlah guru bersertifikasi maupun ketiadaan sekolah rusak,” bebernya.

Selain itu, kata walikota, pelayanan pemerintahan diwujudkan melalui peningkatan pelayanan di kecamatan dan kelurahan terutama dalam rangka pemberdayaan masyarakat bidang infrastruktur dalam bentuk program hibah stimulan. “Yaitu penyaluran dana guna pembangunan infrastruktur yang sepenuhnya dilaksanakan masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan infrastruktur di wilayahnya. Setiap kelurahan diberikan sebesar Rp50 juta dan pada 2012 dialokasikan dana sebesar Rp1 miliar kemudian 2013 ditambah menjadi sebesar Rp1,5 miliar,” paparnya.

Selain itu, peningkatan pelayanan pemukiman juga dirasa walikota telah melalui penerapan aturan. Adalah setiap pengembang perumahan mampu memenuhi ketentuan luasan kapling tanah dan penyediaan fasilitas umum sebesar 30 persen. “Dengan aturan tersebut diharapkan kawasan permukiman tertata juga ada fasilitas umum yang wajib disiapkan pengembang perumahan,” ujarnya.\

Sedangkan dari sisi kesehatan, Walikota mengaku cukup puas melihat pencapaian kinerja melalui indikator indeks pembangunan manusia tertinggi di Kalsel sebesar 75,43 dan angka harapan hidup tertinggi kedua di Kalsel yakni 67,76 tahun.

“Untuk bidang pelayanan perdagangan dan jasa tergambar dari peningkatan pelayanan perizinan, pemberian insentif dan peningkatan promosi produk unggulan daerah dengan mengikuti atau mengadakan pameran. Perekonomian di nBanjarbaru tumbuh sebesar 6,09 persen pada 2012 dan jumlah investasi juga cukup besar mencapai Rp687,2 miliar dengan jumlah perusahaan yang berinvestasi sebanyak 43 perusahaan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: