Kredibilitas Kerja Pemko Banjarbaru Diharapkan Optimal

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor mengharapkan setelah dibentuknya Badan Ketahanan Pangan Kota Banjarbaru diharapkan kredibiltas kerja semakin maksimal. Dikatakan Ruzaidin, Pembentukan badan tersebut dinilai penting sebab secara keseluruhan Pemerintah Daerah dan Kota Se-Kalsel hanya 2 daerah yang belum membentuk yakni Banjarmasin dan Banjarbaru.

“Dan ini menjadi salah satu urusan wajib yang harus kita jalankan. Sebab dari sini nantinya terlihat kualitas ketahanan pangan khususnya di daerah kita Kota Banjarbaru,” ujarnya, kemarin.

Lembaga teknis tersebut nantinya kata Walikota tak hanya mengatasi problema  ketahanan panga melainkan juga menjadi pelaksana penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan yang sebelumnya ditangani Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

“Sekaligus pula melaksanakan tugas pengelolaan, koordinasi, pemberian fasilitas dan pengendalian ketersediaan pangan, distribusi dan konsumsi serta kewaspadaan pangan. Nah dengan demikian terbentuklah ke depan peningkatan sumber daya serta mitra kerja bidang pada ketahanan pangan. Lantas langkah tersebut berlanjut kepada pelaksanaan koordinasi penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan,” jelasnya kepada wartawan MK.

DPRD Kota Banjarbaru sendiri tak sekadar mensahkan pengalihan dari Kantor Ke Badan saja melainkan juga meresmikan perda Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang mengatur perubahan organisasi dinas dan lembaga teknis daerah pemerintahan setempat.

Dalam sidang disebutkan, beberapa dinas atau badan yang mengalami perubahan SOTK yakni Badan Kesbanglinmas yang kemudian menjadi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, kemudian kantor Satpol PP menjadi dinas yang didalamnya juga menangani perlindungan masyarakat.

Dilanjutkan dengan Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu menjadi BP2T dan Penanaman Modal serta Kantor Lingkungan Hidup naik status menjadi Badan Lingkungan Hidup.

Perubahan-perubahan tersebut diharapkannya mampu disesuaikan agar berjalan dengan efektif dan efesien. “Kita menginginkan dengan aturan-aturan baru tersebut maka disesuaikan. Dan ini tidak menambah atau memerlukan penambahan kuota pegawai, tetapi pemindahan saja. Jadi tidak masalah,” katanya wartawan.

Selain itu, berharap kepada aturan baru krediblitas dinas, kantor, maupun badan yang telah terbentuk bisa semakin optimal kinerjanya. “Perubahan SOTK tentu berdampak terhadap pembentukan lembaga baru. Namun tidak akan membebani pemkot. Sebab ini hanya perubahan untuk menaikkan status dengan cakupan tugas yang lebih luas,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s