Masyarakat Tala Harus Laporkan Oknum Yang Terlibat Tambang Ilegal

Kepala Kepolisian Resor Tanah Laut AKBP Midi Siswoko melalui Wakil Kepala Kepolisian Resor Tanah Laut Kompol Restika memastikan untuk menindak anggotanya jika kedapatan melakukan backing pada pertambangan ilegal.

Dijelaskannya, komitmen tersebut dibentuk sebagai ketegasan kepada anggota polisi yang berani main-main dengan menjadi backing dari pertambangan tanpa izin “Peti” di wilayah hukum Polres Kabupaten Tanah Laut.

“Memang sampai sekarang kami belum ada temuan ataupun informasi baig terkait keberadaan oknum polisi sebagai backing pertambangan liar di wilayah Kabupaten Tanah Laut. Tetapi jika memang kedapatan maka akan langsung kita tindak lanjuti di tempat. Baik itu informasi dari masyarakat ataupun razia yang kita gelar,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Tak tanggung-tanggung Restika bahkan menegaskan apabila saat razia terdapat oknum TNI menjadi backing, maka pihak Polres justru akan bersama-sama menertibkan oknum yang terlibat dengan pihak Polisi Militer. “Sebab memang sudah aturan hukumnya seperti itu,” tambahnya.

Titik-titik rawan pertambangan tanpa izin atau ilegal menurut Restika banyak terjadi di wilayah Kecamatan Kintap dan wilayah Arutmin yang masih dalam Kabupaten Tanah Laut.

Menghadapi fenomenal itu pihaknya meminta agar masyarakat bisa sama-sama membantu dengan memberikan informasi jika melihat bahkan mengetahui keterlibatan polisi dalam lingkungan tambang liar.

“Apabila melihat ada anggota polisi di pertambangan liar dan diduga sebagai backing maka laporkan ke kita. Apabila kedapatan langsung ditindak tegas tanpa tembang pilih,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, hingga saat ini mulai Januari hingga Juni 2013 sudah ada 11 kasus yang ditangani Polres Tanah Laut terkait pertambangan tanpa izin yang tertangkap tangan sedang bekerja saat Polres melakukan razia. Sebagian kasus sudah P21 atau proses lanjut ke pihak Kejaksaan Negeri Tanah Laut untuk lanjutan hukum beserta barang bukti alat berat dan tersangkanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s