Ajak Masyarakat Tala Paham Lingkungan Hidup

humas_tala_seminar lingkungan hidupDalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2013, Badan Lingkungan Hidup Kab Tala menggelar Seminar Lingkungan Hidup dengan mengusung tema “Ubah Perilaku Konsumsi Untuk Selamatkan Laingkungan” Kamis, (22/8) di Balairung Tuntung Pandang, Pelaihari, kemarin.

Bertindak sebagai narasumber yakni Kepala Badan Lingkungan Hidup kab Tanah Laut Prof Dr Ir Moehansyah Mag, Kepala PPLH Universitas Lambung Mangkurat dan Anggota BLHD DI Yogyakarta Bambang Wahyu Indriya. Kegiatan itu diikuti sejumlah siswa dari SLTP/SLTA sederajat, mahasiswa dan beberapa dari BLH se-Kalimantan Selatan.

Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah menuturkan, adanya kegiatan tersebut menjadi komitmen bersama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. “Sekaligus menyelamatkan bumi kita secara keseluruhan. Sebagaimana hasil studi lingkungan hidup (KLH) tahun 2012 menunjukkan bahwa indeks perilaku peduli lingkungan (IPPL) masih berkisar pada angka 0,57 dari angka mutlak 1,” paparnya kepada sekalian hadirin.

Ditambahkannya, angka tersebut mengindikasikan masyarakat belum berperilaku peduli lingkungan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Ia pun mengimbau agar masyarakat secara umum mampu meninggalkan kebiasaan dan perilaku konsumtif.

“Perilaku konsumsi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya, 49,3% berupa bahan makanan yang berasal dari luar daerahnya. Kondisi ini akan memberikan dampak bagi lingkungan seperti meningkatnya emisi karbon kegiatan pengangkutan bahan makanan tersebut dari daerah asal ketempat tujuan,” katanya.

Maka dari itu, penting menurut Bupati melakukan perubahan paradigma dan juga perilaku untuk selalu mengambil setiap kesempatan dalam mencari informasi, belajar dan melakukan tindakan demi melindungi dan mengelola lingkungan hidup.

Bambang berharap kegiatan tersebut tak sekadar seremonial belaka namun juga mampu agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat khususnya Kabupaten Tanah Laut yang berseri. “Dan ini juga langka perwujudan Kabupaten Tanah Laut yang bersih, sehat, rapi dan indah. Kita perlu berkesinambungan untuk memberdayakan masyarakat agar peduli lingkungan hidup melalui pendekatan sosial. Sebagaimana kegiatan seminar yang digelar menjadi upaya pembinaan, penyadaranserta penambahan wawasan tentang lingkungan hidup,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s