Diskantanhut Kota Banjarbaru Juga Layani Benih Ikan

Kepala Distankanhut Kota Banjarbaru Muhammad Rustam mengatakan, Balai Benih Ikan yang dikelola Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Banjarbaru tak sekadar memberikan pelayanan pendataan melainkan juga penyediaan benih bagi Usaha Pembenihan Rakyat (UPR).”

“Benih ikan yang berhasil dikembangkan BBI diprioritaskan melayani petani ikan yang tergabung dalam Usaha Pembenihan Rakyat,” ujarnya belum lama tadi.

Balai Benih Ikan Banjarbaru yang terletak di Jalan Pinus Kelurahan Mentaos dikelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Distankanhut dan memiliki luas mencapai satu hektar dilengkapi kolam-kolam pembenihan.

Dikatakannya, UPR yang tersebar pada lima kecamatan bisa memesan bibit dalam bentuk larva yang berhasil dikembangkan di BBI baik melalui pembelian maupun pola kerja sama yang saling menguntungkan. Pola kerja tersebut menurutnya sama dengan penyerahan benih ikan dalam bentuk larva dari BBI kepada petani yang menyiapkan kolam pemeliharaan dan setelah bibit memenuhi ukuran standar bisa dijual ke Pasar Benih Ikan (PBI).

“Jadi petani diuntungkan karena mereka hanya menyiapkan kolam pemeliharaan, sedangkan benihnya dari BBI dan setelah menjadi bibit, bisa dijual ke PBI dengan sistem bagi hasil yang saling menguntungkan,” terangnya.

Ditambahkannya lagi, BBI yang mulai dioperasionalkan sejak 4 bulan lalu sudah berhasil mengembangkan pembenihan empat jenis ikan yakni Nila, Mas, Lele dan Betok atau dikenal masyarakat Banjar sebagai ikan Papuyu.

“Induk ikan ada yang diseleksi langsung di BBI seperti induk ikan Mas dan Nila serta induk ikan Betok yang diambil dari seleksi alam kecuali induk Lele yang didatangkan dari Sukabumi,” katanya.

Selain itu juga jumlah benih ikan yang dihasilkan dari sejumlah induk mencapai ribuan bahkan jutaan ekor dan masih dalam bentuk larva sehingga siap disebarkan baik ke UPR maupun kelompok masyarakat lainnya. “Kita juga melayani anggota masyarakat baik secara individu maupun kelompok petani yang menginginkan pasokan benih ikan dari BBI atau bibit ikan dari empat jenis ikan yang dikembangkan melalui PBI,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: