Bimtek Pengadaan Barang dan Aset Sekolah

 Wakil Walikota Banjarbaru H Ogi Fajar Nuzuli menghadiri sekaligus membuka acara Bimtek pengelolaan barang dan aset sekolah angkatan I tahun 2014, Selasa, (11/2), di Aula Linggangan Intan DPRD Kota Banjarbaru, kemarin.

Ia didampingi Kepala BKD Kota Banjarbaru Drs Firdaus Hazairin dan turut hadir  Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan & Administrasi Umum Dr H Burhanuddin Noor SE MSi, perwakilan SKPD Kota Banjarbaru dan para pengurus barang dan aset sekolah se-Kota Banjarbaru.

“Kegiatan bimtek dimaksudkan agar memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para penyimpan barang, sedangkan tujuannya meningkatkan mutu dan pengetahuan para peserta dalam mengurus dan menyimpan aset sekolah, meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta dalam memecahkan masalah-masalah dalam mengurus dan menyimpan aset sekolah dan melakukan rekonsilasi data sehingga terciptanya standar yang sama bagi para peserta dalam hal mengurus dan menyimpan aset dimasing-masing sekolah,” ujar Ogi dalam sambutan.

Adapun jumlah peserta Bimtek sebanyak 50 orang penyimpan barang & aset di sekolah lingkungan pemerintah Kota Banjarbaru.

Menurut Ogi, dalam meningkatkan mutu pendidikan, selain faktor pendidik, sarana dan prasarana penunjang juga sangat diperlukan.

“Karena itulah informasi berupa ketersediaan, kondisi, kecukupan (daya tampung kurang, sesuai, atau kelebihan), serta penggunaan suatu asset harus benar-benar akurat,” tambahnya.

Ia melanjutkan, pengurusan aset dan barang sangat penting terutama ketelitian dan kecermatan dalam menginventaris semua barang.

“Apapun barangnya dan berapapun nilainya harus benar-benar dicatat dan dimasukan sebagai asset pemerintah daerah, karena pembeliannya menggunakan anggaran APBD,” terangnya.

Untuk itulah, katanya, diperlukan pengadministrasian pengelolaan secara profesional.

“Dan salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadakan bimbingan teknis pengelolaan barang dan asset sekolah di lingkungan pemerintah Kota Banjarbaru. Pengelola asset di sekolah harus menjadi the best state asset management yang tidak sekedar bersifat teknis administrative semata, melainkan bergeser ke arah bagaimana berpikir layaknya seorang manajer aset yang harus mampu merumuskan kebutuhan barang sekolah dengan akurat dan pasti, serta meningkatkan faedah dan nilai dari aset sekolah tersebut,” pungkasnya.

Wakil Walikota didampingi Kepala BKD berkesempatan memasangkan tanda peserta Bimtek kepada dua orang perwakilan dari peserta Bimtek pengelolaan barang dan aset sekolah angkatan I tahun 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: