Kendalikan Inflasi Daerah

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan keputusan Walikota Banjarbaru No. 188.4.45/442/kum/2013 Tentang Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Banjarbaru, Pmerintah Kota Banjarbaru melaksanakan rapat TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kota Banjarbaru yang dipimpin oleh Sekdako Banjarbaru Dr H Syahriani MSi, didampingi Kepala Bagian Ekonomi Kota Banjarbaru Ir Hj Zakiah dihadiri oleh Pimpinan Bank Indonesia Banjarmasin dan Kepala SKPD terkait, Bertempat di Aula Idaman Kota Banjarbaru, kemarin.

Rapat TPID Kota Banjarbaru tersebut membahas program kerja TPID Kota Banjarbaru TA 2014.

Pada kesempatan Sekdako Banjarbaru Dr Syahriani Syahran mengingatkan agar semua SKPD menguatkan koordinasi,

“TPID di mana tujuan pengawasan dan pengendalian inflasi daerah Kota Banjarbaru dapat terlaksana dengan baik dan lancer, tentunya masing-masing SKPD dalam rapat diharapkan menyampaikan langkah-langkah strategis, program kegiatan, nilai pagu dan tahun anggaran 2014,” ujarnya.

Hal tersebut katanya berkenaan dalam membantu pemerintah menekan inflasi, sebab inflasi di Kalsel tahun 2013 tercatat sebesar 6,98% berada  dibawah inflasi nasional sebesar 8,38%.

“Factor-faktor penyebab inflasi didaerah seperti Kelangkaan barang/stock, buruknya infrastruktur untuk distribusi, panjang jaringan distribusi, prilaku penimbunan barang dan pengaruh musiman,” tambahnya.

Dari faktor dan penyebat tersebut, lanjutnya, akan berdampak secara umum pada terganggunya mobilisasi dana domestic daya saing ekspor semakin berkurang, memperburuk distribusi pendapatan, mendorong modal lari keluar negeri, serta menggangguinvestasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Sangat diharapkan koordinasi pengendalian inflasi yang intersif didaerah mutlak diperlukan. Sebab inflasi yang terkendali dan stabil merupakan pra syarat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Pengendalian inflasi merupakan kepentiangan semua pihak, baik BI, Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah. Dan pengendendalian inflasi daerah sangat penting dalam upaya pengendalian Nasional,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: