Laporan Dana Tahap 2 Berakhir 2 Maret 2014

 KPU Kota Banjarbaru pastikan para caleg dari sekian parpol yang mengikuti gelaran pemilu 2014 bisa segera melaporkan dana auditnya sebelum tanggal 2 Maret 2014. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Hukum KPU Kota Banjarbaru Romzi kepada wartawan hirangputihhabang.wordpress.com, Senin, (10/2), kemarin.

Dikatakan, sosialisasi sendiri sudah dilaksananan sejak November 2014 dan laporan tahap pertama telah rampung pada 3 Februari lalu yang juga dihadiri langsung oleh KPU Provinsi Heriansyah.

“Sekaligus kita sosialisasi kembali dengan mengundah sejumlah ketua dan bendara dari beberapa parpol. Nah, disanalah kita jelaskan kembali bahwa nanti pada tanggal 2 Maret 2014 laporan harus sudah diterima KPU,” ungkapnya.

Ia mengimbau agar sekalian caleg dan parpol bisa melaporkan dengan baik-baik ke KPU Kota Banjarbaru. Sebab, tambahnya, jika lewat penyerahannya dari tanggal 2 Maret 2014, maka KPU terpaksa membatalkan keikutsertaan parpol yang seharusnya betul-betul terlibat di Banjarbaru.

“Apabila lewat tanggal 2 Maret maka parpol maupun caleg akan dibatalkan sebagai calon. Atau dengan kata lain didiskualifikasi,” terangnya.

Selain itu, efek yang ditimbulkan akibat keterlambatan ini tak hanya berimbas pada pra pemilu, melainkan juga pasca pemilu yakni pada 24 April.

“Paling lambat begitu. Setidaknya harus dilaporkan. Pun jika parpol atau caleg termaksud menang dalam pemilihan suara maka sudah barang tentu si calef dibatalakan sebagai pemenang. Sebab ini sudah termasuk syarat dan tolak ukur untuk mensukseskan pemilu 2014 itu sendiri,” jelasnya.

Dirinya tak menampik jika laporan tahap pertama yang telah diumumkan pada 27 Desember 2013 lalu masih banyak terdapat kesalahan dan keterlambatan.

“Dan sangat disayangkan juga pada saat sosialisasi awal pekan kemarin salah sati parpol tidak baik itu ketua atau pun perwakilannya tak berhadir.

Ia sangatg menyayangkan. Kerna dari pertemuan menurutnya para parlpol dan calegnya bisa mempertibangkan suatu partai layak atau tidaknya melaju ke babak pemilihan,” katanya.

Salah satu partai atau pun perwakilan tidak hadir yakni Partai kebangkitan Bangas (PKB). Ia khawatir jika tidak dishare bareng-bareng maka akan timbul kesalahpahaman.

“Kalau tidak hadir yang tentu bermasalah dengan keberadaan sekarang kita di daerah dikahwatirkan nanti ada protes, komlain, dan lain sebagainya. Sebab semua itu jika tak diperhatikan akan memunculkan gejolak baru,” paparnya.

Selain itu ia mencemaskan laporan yang tidak sesuai atau semisal molor lewat dari tanggal 2 Maret 2014.

“kalau dikenakan sanksi nanti malah protes. Sampai saat sekarang kami dari KPU menyediakan Help Desk. Yakni pelayanan untuk para parlpol dan caleg agar bisa berkinsultasi seputar ranah penyelenggaraan Pemilu 204.

“Keberadaan help desk sangat membantu kinerja. Terserah parpol maunya konsultasi yang bagiamana dan kita layani semaksimal mungkin. Karenma bagaimanapun kita tidak ingin ada yang dirugikan. Ada protes atau komplain itu yang kita hindari,” ucapnya.

Menurutnya, wajar jika fasilitas itu diseduiakan mengingat caleg dan parpol sudah banyak mewngekuarkan uang dan segala macam untuk atribut parpolnya di beberapa wilayah tertentu.

“Mudahan-mudahab tidak ada yang luput dari dari yang sudah terdaftar di DPT dan tidak golput. Karena satu suara sangat menentukan kelangsungan bangsa dan negara ini,” pungaksnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: