Pemberlakuan UU ASN

Kepala BKD Provinsi Drs HM Thamrin menuturkan, pemberlakuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) secara fundamental berdampak pada terjadinya perubahan secara signifikan dalam manajemen kepegawaian.

“Supaya jangan sampai terjadi kesalahan persepsi maka dari itu BKD menyelenggarakan Bimbingan Teknis Manajemen Kepegawaian. Tujuannya agar peserta Bimtek memperoleh informasi yang benar terutama terkait dengan diberlakukannya UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Kepala BKD Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS,” ujarnya di Banjarbaru.

Bimbingan Teknis Manajemen Kepegawaian tersebut diikuti PNS lingkup SKPD Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 18 s/d 20 Februari 2014 bertempat di Aula BKD Prov Kalsel di Banjarbaru.

Menurutnya, diberlakukannya UU ASN membawa pada perubahan struktur Kepegawaian mulai jenis kepegawaian, sistem pengembangan karier, batas usia pensiun dan lainnya.

 

“Perubahan yang mendasar yaitu pertama pada struktur kepegawaian, di mana dalam manejemen kepegawaian selain ada PNS juga ada yang namanya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) yang peluang berkarier diantara keduanya diberikan kesempatan yang sama,” jelasnya.

Diterangkannya, jenis jabatan yang sebelumnya dikenal dengan sebutan jabatan struktural dan fungsional, maka ke depan akan dikenal dengan nama Pimpinan Tinggi dan Administrator.

“Kemudian pembentukan Komisi Aparatur Sipil Negara suatu Lembaga Negara independen langsung berada dibawah Presiden yang bertugas mengawasi mekanisme dan sistem kepegawaian seperti Kode Etik Pegawai, Pengangkatan dalam Jabatan dan lainnya. Serta perubahan batas usia pensiun. Dimana pegawai diberikan peluang untuk berkarier ditambah 2 tahun,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: