Sosialisasikan Teknologi Pemberdayaan Masyarakat

 Wakil Walikota Banjarbaru H Ogi Fajar Nuzuli mengatakan, satu faktor pendorong perubahan baik perubahan bidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat yakni peralihan teknologi ke masyarakat.

“Hal ini erat hubungannya dalam rangka percepatan pembangunan. Dan mempunyai peran penting di mana masyarakat baik pedesaan kelurahan bisa menciptakan gagasan dan teknologi yang berdaya guna untuk itu Badan Pemberdayaan Masyarakat Pelayanan Perempuan dan KB,” ungkapnya saat Sosialisasi Pos Pelayanan Teknologi di kota Banjarbaru, Selasa, (11/2), di Aula Trisakti Kota Banjarbaru, kemarin.

Kegiatan itu dinarasumberi Ir H Arief Bijaksana MP sebagai Pemerhati posyantek dosen UNLAM, Dr Ir H Arief Akbar sebagai Pemerhati posyantek, Ketua Prodi Teknologi Pertanian UNLAM, dan Kepala BPMP&KB Kota Banjarbaru Ir Hj Puspa Kecana seelaku, dan dosen pertanian UNLAM Ir Hj Nuri Dewiyanti Msc Phd, dan diikuti peserta pelajar mahasiswa serta masyarakat kelurahan se- Kota Banjarbaru.

Menurutnya, proses alih teknologi ke masyarakat selama ini berjalan secara alamiah. Pemerintah Kota Banjarbaru dalam hal ini sangat mengapresiasi dilaksanakannya workshop sekaligus sosialisasi pembentukan Pos Pelayanan Teknologi (Pos Yantek) Tepat Guna tahun anggaran 2014 oleh BPMP&KB kota Banjarbaru.

“Sebab dengan diterapkannya penggunaan teknologi tepat guna, diharapkan akan mampu memacu dan memicu peningkatan ekonomi masyarakat, lebih-lebih masyarakat pelaku usaha. Oleh karena itu, hendaknya kegiatan ini diikuti dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Ditegaskan pula hal tersebut bertujuan antara lain memberikan motivasi terutama bagi masyarakat pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan penggunaan teknologi tepat guna.

“Karena selain hemat waktu, penggunaan teknologi tepat guna juga akan mampu meningkatkan produk/hasil yang ditekuninya. Pemanfaatan teknologi tepat guna (TTG) akan optimal jika ada alih teknologi dari sumber kemasyarakat,” tuturnya.

Dinilainya, masyarakat pun perlu dikondisikan untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. Karena teknologi tepat guna sangat bermanfaat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: