Hari Kartini Sebagai HUT Korps Wanita TNI

ananda_Apel Peringatan Hari Kartini di Lapangan Sepakbola Lanud Sjamsudin Noor2Momentum peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan pada 21 April tentu saja menjadi hari bersejarah bagi para prajurit Korps Wanita TNI. HUT Korps Wanita TNI. Mereka, para srikandi yang telah mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai abdi bangsa dan Negara Indonesia.

Maka dari itu, setiap tanggal 21 April ditetapkan menjadi Hari Korps Wanita TNI dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pahlawan Nasional RA Kartini. Bertepatan dengan itu pula diselenggaerakanlah Apel Bersama Korps Wanita TNI yang diikuti para Korps Wanita TNI se-Kalimantan Selatan, bertempat di Lapangan Sepakbola Angkasa Lanud Sjamsudin Noor, Senin, (21/4), kemarin.

Kegiatan Apel dihadiri sejumlah petinggi TNI. Di antaranya Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron SB Sinaga Ssos, Ketua PIA Ardhya Garini Cab.12/D.II Lanud SAM Diana Esron Sinaga SE Ak, Komandan Korem 101/Ant Kolonel Inf Suharjono SIP sekaligus sebagai Inspektur upacara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Drs H Antoni Arphan mewakili Pemko Banjarbaru, dan Komandan Upacara Kapten Adm Dora Yuangganita. Apel diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Pama, Wan TNI, Polwan, satu SST Ba/Ta Lanud SAM dan PNS TNI Wilayah Propinsi Kalsel.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko yang dibacakan oleh Irup pada Apel Bersama Korps Wanita TNI tahun 2014 wilayah Kalsel ini dikatakan, era tuntutan global yang terus bergerak dinamis dan dalam konteks tugas TNI yang semakin tidak ringan, prajurit Korps Wanita TNI, tidak boleh hanya bangga dengan semangat sebagai Melati Pagar Bangsa sebagaimana terkandung di dalam sesantinya, tetapi bangun dan kembangkan semangatnya Cut Nyak Dien dalam perjuangan bersenjata melawan penjajah.

“Ciptakan prajurit Wanita TNI sebagai Women Fighter Pilot atau bisa menduduki jabatan operasional lainnya,” ungkapnya.

Komandan Korem 101/Ant Kolonel Inf Suharjono SIP menuturkan, pengembangan kapasitas dan kapabilitas serta arah prospektif pengembangan peran Wanita TNI dan secara individu mampu mengeleminasi keterbatasan dalam rangka pengembangan tugas.

“Saat ini kita sedang siapkan 38 Taruni, dengan komposisi 16 Taruni Akmil, 10 Taruni AAL, 12 Taruni AAU dan pada tahun 2014 ini juga TNI akan membuka kembali penerimaan Taruni. Peluang yang telah terbuka ini harus menjadi titik tolak Korps Wanita TNI, untuk merumuskan rencana strategis secara kreatif komprehensif, guna peningkatan kemampuan, yang sesuai tema “Dengan Semangat Juang RA Kartini,” ujarnya.

Dikatakan, Wanita TNI Siap Meningkatkan Profesionalisme yang tidak hanya sebagai pagar bangsa, tetapi juga bermain di lahan bangsa, yang luasnya dari Sabang sampai Merauke.

Kegiatan Apel Bersama ini diselenggarakan sebagai bentuk kebanggaan Wanita TNI, sebagai prajurit dalam upaya memelihara semangat juang dan jiwa korsa, guna meningkatkan motivasi dalam pengabdian kepada TNI, Negara dan Bangsa. Melalui peringatan Hari Kartini ini, Wanita TNI meneladani jiwa dan semangat RA Kartini guna melaksanakan tugas dan pengabdiannya secara profesional kepada bangsa dan negara.

Anggota PERSIT dr Ika Nindya, Nelly Yana, dr Meutia INS, menyebutkan, apel bersama tersebut menjadi upaya untuk meneladani semangat RA Kartini. “Sejauh mana peran wanita era sekarang perlu kita tingkatkan baik itu pengabdian maupun kinerja. Pengabdian kami para wanita ada darat, laut dan udara. Masing masing mempunyai profesionalisme guna meningkatkan kegiatan dan ketekunan sebagai seorang wanita. Kita berharap perenan wanita ke depan juga bisa sejajar dengan peranan prajurit lain,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: