Panwaslu Batal Proses Dugaan Pidana

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan batal memproses dua kasus dugaan tindak pidana pemilihan umum karena adanya pencabutan laporan dari pihak yang merasa dirugikan.

“Dua pihak yang merasa dirugikan mencabut laporan baik di panwaslu maupun laporan kepolisian sehingga proses hukum kasusnya dihentikan,” ujar Ketua Panwaslu Kota Banjarbaru Iwan Setiawan, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) yang kepolisian dan kejaksaan sudah memproses dua kasus dugaan tindak pidana pemilu itu tetapi laporannya dicabut.

Dijelaskan, pencabutan laporan karena pelapor merasa kasus Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah ada jalan keluar berkoordinasi dengan KPU sehingga pemilih bisa menggunakan hak pilihnya di hari pemungutan suara.

“Pencabutan laporan ke Panwaslu dilakukan secara resmi oleh pelapor yang dilengkapi surat pernyataan resmi di atas materai sehingga proses kasusnya ditutup dan tidak dilanjutkan lagi,” ungkapnya.

Sedangkan dugaan kesengajaan pembakaran alat peraga kampanye milik salah satu caleg juga dicabut pelapor dan menyatakan tidak mau memperpanjang masalah sehingga proses hukum otomatis dihentikan.

“Kami sudah menjalankan prosedur penanganan laporan pengaduan dan setelah diplenokan bersama unsur kepolisian dan kejaksaan diputuskan kasusnya ditutup karena laporan dicabut,” ujarnya.

Seperti diketahui, Panwaslu Kota Banjarbaru memproses dua dugaan tindak pidana pemilu atas laporan terkait pembakaran banner milik salah satu caleg yang diduga secara sengaja dilakukan dua pemuda.

Kasusnya kemudian dilaporkan ke kepolisian dan diserahkan ke Sentra Gakkumdu yang menangani masalah pemilu, tetapi laporan ke polisi dan panwaslu dicabut dengan alasan tidak mau memperpanjang masalah.

Satu kasus lagi adalah temuan 72 warga Guntung Harapan Kelurahan Guntung Manggis yang terindikasi sengaja tidak dimasukkan dalam daftar pemilih tetap sehingga terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

Belakangan, pelapor mencabut pengaduan di Panwaslu karena sudah mendapat jalan keluar dari KPU bahwa puluhan warga yang tidak masuk DPT bisa mencoblos pada beberapa TPS di lingkungannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: