Peternak Demo Tuntut Regulasi PP No 6

Pagi-pagi sekali, beberapa ruas jalan tengah kota mendadak padat dan macet. Bukan persoalan lalu lintas, tapi adanya aksi demo dari para peternah di Kalsel yang berunjuk rasa di halaman Dinas Peternakan Kalsel, Rabu, (16/4), kemarin.

Kurang lebih 350 orang peternak mandiri turun ke jalan-jalan menyuarakan suara hati mereka dengan sejuumlah spanduk. Ditambah lagi alat peraga sebuah keranda mayat yang diberi kain kafan putih menarik, sontak menarik perhatian para pengendara untuk memastikan itu bukan keranda mayat yang dibawa para pendemo.

Para pendemo memulai rute konvoi dari Lapangan Stadion H Idak di Jl RO Ulin lalu berjalan kaki menuju Lapangan Van der Pijl yang tepat berhadapan dengan Dinas Peternakan Kota Banjarbaru.

Koordinator unjuk rasa Rudy kepada sejumlah wartawan menuturkan, pada intinya aksi tersebut menunjukkan tuntutan pelaksanaan PP Nomor 6 tahun 2013 tentang peternakan. Disebutkan, ia sebagai perwakilan peternak meminta MoU bersama Kadisnak Kalsel guna penggodokan regulasi masalah peternakan ayam selama satu bulan.

“Kami mendesak kapan pemberlakuan poin pasal usaha peternakan kondusif, regulasi jumlah ayam yang dipelihara dan harga,” ungkapnya.

Lama tak digubris, para mendemo perlahan-perlahan mendesak agar Kepala Dinas Peternakan langsung menanggapi keluhan mereka. Akhirnya Kepala Dinas Peternakan Kalsel Sabrie Madani keluar dan membicara persoalan tersebut. Dikatakan, perihal Undang-undang yang dikemukakan para pendemo itu akan digodok bersama-sama.

“Ini, kan, persoalan regulasi peternak ayak daerah bersama pihak perwakilan peternak ayam broiler. Kita setuju. Kita membicarakan bersama-sama terkait regulasi tata niaga ternak ayam bersama pihak peternak ayam selama satu bulan. Jika tak ada aral melintang, Senin depan berjalan. Ya, jadi sudah ada jawab, Pokoknya kita usahai secepatnya,” paparnya.

Lantaran kesanggpan itu, para pendemo pun melelh. Sembari pembicaraan intern berlangsung mereka berteduh sembari berisitirahat di Taman Idaman Kota Banjarbaru setelah hari sudah agak siang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: