Galang Dana Untuk Korban Banjir Kaltara

Sudah 4 hari rumah warga di beberapa desa di Kecamatan Long Pesi Ilir, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara terendam air. Bahkan sampai menghanyutkan 20 buah rumah, pengungsian besar-besaran warga, hingga kurangnya logisitik.

Atas kejadian tersebut, pihak mahasiswa Fakultas MIPA Unlam Banjarbaru menggelar aksi sosial untuk menggalang dana guna meringatkan para korban banjir di Kaltara.

Salah seorang mahasiswa, Khairun Nida, kepada wartawan MK menyebutkan, aksi penggalangan dana di jalanan tersebut memang kali pertama pihaknya laksanakan.

“Karena kita ketahui, di beberapa lokasi ketinggian air nyaris menenggelamkan seluruh bangunan rumah, terutama yang berada di bantaran Sungai Kayan. Dengan upaya ini kita berharap bisa membantu para korban dan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama,” sebutnya.

Berdasarkan data yang posko banjir di TKP, dilaporkan sudah 20 rumah yang hanyut terseret arus Sungai Kayan yang cukup deras setelah diguyur hujan selama beberapa hari. Sudah 13 ribu orang yang mengungsi, baik di beberapa lokasi yang sudah disiapkan maupun di tenda darurat. Warga memilih mengungsi karena rumah mereka tidak bisa lagi ditinggali.

Menurut warga, baru kali ini banjir melanda kampung mereka. Diduga Sungai Kayan meluap karena hutan di kawasan hulu sudah gundul sehingga begitu terjadi hujan deras air sungai langsung meluap. Akibatnya, ratusan warga mengungsi di tenda-tenda darurat dengan kondisi seadanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: