Harus Waspada AIDS

Hingga pekan kedua di bulan Februari ini, Wakil Walikota Banjarbaru H Ogi Fajar Nuzuli tidak ingin membeberkan siapa pegawai pemko yang mengidap HIV Aids. Bedasarkan data yang ia terima, kini di Banjarbaru ada sekitar 800 orang yang terinfeksi HIV/AIDS.

Sebagai Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Banjarbaru, Ogi mengimbau agar masyarakat waspada terutama laki-laki yang suka jajan semabrangan. Ia juga menekankan bahwa keberadaan wilayah lokalisasi seperti Pembatuan adalah illegal dan tidak patut diapresiasi.

“Kemungkinan ada lagi sekitar 105 penderita yang sampai sekarang tidak diketahui lebih rinci. Menciut lagi, di antaranya ada 20 orang tersebut ada Pekerja Seks Komersial (PSK) di eks Lokalisasi Pembatuan Jalan Kenanga Kelurahan Landasan Ulin,” bebernya.

Meneurutnya, keberadaan lokalisasi tersebutlah yang memicu semakin gencarnya penyebaran vidus HIV/AIDS terkhusus di Kota Banjarbaru. Diperhitungkannya, jika satu PSK yang mengidap HIV melayani 5 orang per hari, maka tinggal dikalkulasikan dalam sebulan berapa penderita lagi yang bertambah.

Melihat data dari Kemenkes, tambahnya, profesi yang penderita sangat beraneka ragam, selain PSK, wanita terinfeksi HIV/AIDS adalah pekerja salon plus, pemandu lagu karaoke, sales promotion girl (SPG) dan 9 ibu rumah tangga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s