Tinjau Lahan Swasembada Pangan

ananda_Walikota Tinjau Lahan di CempakaDalam rangka turut serta mensukseskan swasembada pangan seperti tanaman padi, jagung dan kedelai TA 2015 s/d 2017, Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor didampingi Dandim 1006 Martapura Ade Eka Putra, S ip, beserta rombongan, Kepala Dinas dan Kehutanan Kota Banjarbaru Muhammad Rustam beserta jajaran penyuluh pertanian, Camat Cempaka, Lurah se-Kecamatan Cempaka meninjau lokasi pertanian Kelompok Tani Mitra Sejahtera dan Kelompok Tani Suka Makmur di Kelurahan Cempaka, Rabu, (11/2), kemarin.

Peninjauan tersebut sebagai upaya penguatan ketahanan pangan daerah khususnya Kota Banjarbaru, buah kerjasama Pemerintah Kota Banjarbaru dengan Kodim 1006 Martapura.

“Kami turun langsung kelapangan guna meninjau lahan pertanian, sekaligus melihat drainase untuk pengairan lahan pertanian. Ketergantungan pangan terhadap impor sangat kecil dan peningkatan konsumsi energi, protein dan kualitas konsumsi pangan,” ujarnya Walikota saat di lokasi.

Menurutnya, hal termaksud tidak menjamin di daerah, kasus busung lapar menunjukkan adanya permasalahan ketahanan pangan di daerah.

“Oleh karena itu, diperlukan penguatan ketahanan pangan daerah dengan melakukan advokasi kembali yang lebih intensif kepada pemerintah daerah sesuai dengan tugas, wewenang dan kesepakatan yang telah dibuat,” tambahnya.

Menurutnya, pemerintah daerah harus terus berupaya mensosialisasikan kelembagaan ketahanan pangan daerah yang telah terbentuk dan mendorong keikutsertaan swasta dan masyarakat.

“Usaha tersebut agar memiliki kesempatan berperan seluas-luasnya untuk mewujudkan ketahanan pangan daerah dengan memperhatikan aspek ketahanan pangan,” ingatnya.

Dijelaskan, Kelompok Tani Mitra Sejahtera di Kelurahan Cempaka menanam benih padi unggul yaitu infari 8, C Hirang dan IR 66 dengan luasan lahan pertanian ± 6 hektare. Padi tersebut nantinya akan dipanen 2 kali dalam satu tahun. Sedangkan Kelompok Tani Suka Makmur di Kelurahan Cempaka dengan luasan lahan pertanian ± 50 hektare menanam jenis padi lokal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s