Tanamkan Masyarakat Peduli Api

PELAIHARI, Di samping sarana-prasarana pemadaman, yang tak kalah pentingnya adalah kesiapan personil jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. Maka dari itu, memasuki musim kemarau tahun ini, Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Laut berupaya mempersiapkan beberapa hal terkait dengan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Sebanyak 25 orang perwakilan MPA mengikuti kegiatan pembekalan tersebut yang disampaikan oleh instruktur dari Dishut Tala dan BKSDA Kalsel.

Kabupaten Tanah Laut dengan luas wilayah lebih dari 370 ribu hektar hampir setiap tahun terjadi karhutla. Luasan wilayah dan cuaca yang panas serta banyaknya bahan bakar menjadikan seringnya terjadi kebakaran.

Dishut mengambil langkah untuk penanggulangan Karhutla ini dengan membentuk kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) yang beranggotakan 20 – 30 orang.  Kelompok MPA terdapat di Desa/Kecamatan, khususnya yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Di Tanah Laut telah terbentuk 11 Kelompok MPA dan pada hari Rabu tanggal 6 Mei 2015 masing-masing perwakilan MPA diberikan pembekalan tentang teknik penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Tala Ir H Akhmad Hairin MP. (ananda)

 

About the post

Berita Lokal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: