Tips Cara Belajar yang Baik

1. Ciptakan suasana yang kondusif

Dalam belajar, sobat kampus harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.

2. Lihat garis besarnya dahulu

Melihat garis besar materi. Jika membaca bahan pelajaran yang baru, jangan langsung menceburkan diri kedalamnya. Kamu bisa lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Lihatlah semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Jik membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.

3. Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran

Teknik meringkas intisari dari pelajaran. Kalau kamu meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran itu. Pada saat kamu menulisnya, kamu pasti membaca materinya lagi, bener kan? Itu akan membuatmu cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kamu berada. Tips Cara belajar yang baik bukan?

4. Berlatihlah tehnik kemampuan mengingat

Agar lebih mudah kamu ingat sebaiknya materi yang akan kamu hafal itu diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang mudah diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Walaupun kamu jika menghafal langsung dalam 1 minggu sudah lupa, dengan menggunakan mnemonics seperti ini kamu bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.

5. Belajarlah dengan tekun dan rutin.

Tekun dan rutin. Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, apabila kamu jarang belajar maupun  hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya gak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar yang baik seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal

Tips Hadiah di Moment Hari Ibu

1.  BUNGA

Mengirim bunga tak harus identik kepada kekasih. Yang jelas, buka yang mempunyai arti kasih sayang dan perhatian bisa menjadi salah satu yang hadiah yang memungkinkan dikirim kepada ibu disertai kartu ucapan.

2.  KALENDER

Ciptakanlah kalender, bisa pula menggunakan foto-foto keluarga, sobat bersama ibu, ayah, saudara, atau keluraga lainnya. Jikalau perlua, beikanlah tanda bintang pada hari tertentu setiap bulannya di mana sobat akan melewatkan waktu bersamanya.

3.  KENANGAN

Mintalah kepada setiap anggota keluarga untuk menuliskan kenangan khusus tentangnya. Masukanlah masing-masing tulisan tersebut dalam kartu Hari ibu terpisah atau yang kartu ucapan telah dibuat oleh masing-masing.

4.  PIKNIK

Siapkanlah piknik makan siang dan mintalah ibu dia untuk menentukan tempatnya. Bisa juga sobat meminta keluarga berkumpul di sekelilingnya. Mintalah dia untuk menceritakan kenangan manis, atau masa kecilnya. Pastikan untuk merekamnya dengan video atau kaset.

5.  KATAKAN SAYANG

Berikan sekeranjang barang-barang yang membuatnya rileks. Mintalah dia untuk menyebutkan bantuan yang ia inginkan, sesekali kerjakan apa yang biasa ibu kerjakan di rumah. Berikanlah waktu sobat kampus untuk membantunya menyusun foto-fotonya, merapikan, atau memberikan album baru. Dan ingatlah untuk selalu mengatakan saying kepadanya. 

Tips Cepat Lulus Dan Meraih Gelar

 

1. Disiplin

Tanamkan dalam diri sobat kampus untuk selalu disiplin dalam segala hal yang anda lakukan. Ingat bahwa kalian belajar bukan untuk main-main. Usahakan selalu fokus denga prinsip lulus dan memperoleh gelar semisal sarjana, magister, atau doctor. Pegaqng kuat prinsip sobat kampus untuk bisa lulus 4 tahun atau tepat waktu, kalau gak nanti malu.

2 . Deadline

Tepati tenggat waktu setiap satu semester. Wajib dipatuhi dan dikerjakan. Kalau perlu tulis semua kegiatan sehari-hari kamu. Baik itu saat di kost atau di rumah. Sempatkan sempatkan juga refresing sekadarnya. Jangan juga terlalu memporsir waktu untuk terus belajar dan belajar, karena akan membuat sobat kampus jenuh dan semangat lulus malah makin down.

3. Buang Rasa Malas

Sifat ini memang tak pernah ada obatnya. Bahkan telah menjadi musuh terbesar semua manusia dari jaman pra sejarah hingga modern seperti serkarang. Rasa malas, tidak mood, dan isitilah lain sebagainya perlu ditinggalkan dan dihindarkan. Kalau perlu buat pasukan dalam diri untuk melawan rasa malas tersebut. Kuatkan iman, tekadkan hati dan beri sugeti terhadap diri sendiri bahwa kamu bisa rajin lebih dari orang lain. Tak ada obat yang lebih ampuh selain memotivasi diri sendiri.

4. Hindari Kuliah Sambil Kerja

Bekerja memang bagus. Bahkan tak ada yang melarang. Sebagian pendapat bahwa bekerja sambil kuliah malah lebih bagus agar kita lebih mandiri dan tidak tergantung dengan orang tua yang memeberik ongkos atau keluarga. Namun sebagian dari evaluasi studi kasus para peneliti, sekitar 50 persen mahasiswa yang sambil bekerja membutuhkan waktu yang lama dalam memeperolej gelar sarjana atau keatasnyal. Bekerja disarankan, asal jangan sampai mengganggu waktu kuliah sobat kampus sekalian. Karena perlu diingat, tugas pertama kamu adalah kuliah menuntut ilmu. Persoalan bekerja itu nanti, menyusul.

5. Perluas Wawasan

Bisa apa saja. Dari membaca, ikut seminar, bahkan bepergian ke suatu tempat. Dan sering-seringlah juga membaca buku-buku motivasi yang membangkitakan gairah kita dalam menyelesaikan studi di kampus. Memotivasi diri sendiri untuk memompa semangat dan meminimalisir kemalasan. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya

6. Jangan Terlalu Memikirkan Pasangan

Untuk kaum lelaki, hindari pikiran yang berfokus kepada wanita. Begitu pula sebaliknya. Sebagian besar hal ini lah yang paling sering membuat kuliah sobat kampus terganggu. Jadikan perasaan tertarik terhadap lawan jenis itu sebagai semangat untuk cepat lulus dan meniti karier di hari depan. Sebuah penelitian menyebutkan, orang-orang menunda hubungan seks dalam hal ini pernikahan tetapi cenderung mementingkan pendidikan dan karirnya akan lebih sukses dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Nah, hal ini tentu berlaku dalam kehidupan masa panjang sobat kampus.

4. Serius Fokus

Kerjakan skripsi dengan serius dan carilah daftar pustaka sebanyak mungkin semampu kalian. Karian kajian yang luas bisa menjadi nilai plus bagi sobat kampus Saat mengerjakan skripsi, tesis, dan tugas akhir lainnya.

5. Berusaha dan Berdoa

Sembari berharap banyak-banyaklah berusaha dengan gigih. Dan jangan lupa juga selalu berdoa. Semoga sobat kampus semua tidak terlambat menjadi sarjana dan lulus memperoleh gelar serta meniti karier sesuai gelar yang diinginkan.

Tips Aman Ikuti Ospek

 

  1. Jangan Datang Terlambat

Ini biasanya menjadi acuan utama. Apalagi kebiasaan kaka senior yang berlebihan. Jika di rundown acara diwajibkan datang 7.30, yang datanglah sebelum jam itu. Tetapi ada juga yang keterlaluan meminta kalian pukul 06.00 subuh. Jangan mau! Selain bias menyiksa kalian, sebagian kakak panitianya juga masih pada tidur.

  1. Datang Serempak

Jika sobat kampus memang anak kost, maka datanglah bersama teman-teman sekelompok serentak bersamaan seperti pasukan perang. Perlakuan ini sangat bermanfaat dan tentu efektif menghindari kemarahan kakak panitia yang terkenal kegarangannya. Mengantisipasi hukuman berlari keliling kampus sendirian. Kalau kena semuanya, kan jadi rame.

  1. Jangan dihitung

Jika saat ospek kalian sobat kampus disuruh membawa macam-macam, atau melakukan macam-macama, semisal kucir rambut sebanyak hari ultah, membawa kacang tanah 2012 buah, dan lain sebagainya. Bawa aja secukupnya, yang penting banyak. Karena mereka juga gak bakalan bias menghitung.

  1. Tetap Kompak

Jagalah kekompakan sebagaimana kamu menjaga kebersihan. Apalagi9 dengan teman seangkatan. Jika digerta panitia senior, rayulah teman-teman kalian untuk melawan para senior. Biasanya nih, senior sengaja, mencoba menggertak sobat kampus untuk menguji kekompakan sesame angkatan saudara.

  1. Berdoa

Semoga saja tidak ada perpeloncoan yang berlebihan apalagi sampai menyakitkan fisik. Ya, selain berdoa, tentu berusaha juga mentaati peraturan yang telah ditetapkan. Kalau memang kamu tidak melakukan kesalah, maka tak perlu takut untuk melalui masa-masa ospek yang penuh dengan kenangan. Selamat berjuang! (ananda)

Tips Manfaatkan Rejeki Salam Tempel

Mendapat salam tempel adalah tradisi yang ada di Indonesia saat Idul Fitri tiba. Momen ini sangat dinantikan anak-anak dan tak pelang, Sobat Spirit Ramadhan juga. Senang berkunjung ke rumah saudara dan mendapatkan sejumlah uang dari kerabat yang lebih tua. Saat mereka sudah mengumpulkan salam tempel, tugas Sobat memastikan bahwa bisa menggunakan salam tempel tersebut dengan bijak, atau bisa juga untuk anak, keponakan, dan saudara sobat yang masih anak-anak.

  1. Ditabung

‚ÄúDitabung!‚ÄĚ adalah jawaban umum bila anak ditanya akan diapakan uang salam tempel yang mereka terima. Tetapi hal demikian juga berlaku bagi kita yang jiwanya muda pun sudah dewasa. Karena menabung juga merupakan sifat yang terpuji. Jika memang ingin menabung semua hasil salam tempel, tak masalah. Yang penting bisa bertanggungjawab dengan tabungan tersebut. Maksudnya, saat paceklik, tidak berusaha untuk diambil-ambil sedikit-demi sedikit sampai habis.

  1. Beli Peralatan Sekolah/Kuliah

Bagi Sobat Spirit Ramadhan yang amasih menempuh pendidikan, teny akan lebih bermanfaat jika uangnya dibelanjakan untuk membeli peralatan sekolah atau kuliah. Semisal tas, buku, sepatu, seragam sekola, dan lain sebagainya.

  1. Sebagai Tambahan Untuk Keperluan

Tak heran biasanya sobat spirit memiliki keinginan untuk membeli sesuatu yang harganya jauh di atas tabungan bahkan kemampuan. Misal, laptop, PSP, sepeda fixie, handphone, atau kamera. Oleh karena itu kadang kita sangat menanti momentum salam tempel untuk mencapai impian tersebut. Jika jumlah salam tempel mencukupi dan sobat hanya tinggal menambah sedikit lagi, kenapa tidak? Sobat menambahkan sisa kekurangan uang tersebut. Untuk saudaranya yang lebih kecil tentu bisa berpesan bahwa bangga karena mereka (anak/adik/sepupu/keponakan) sudah mampu berpuasa penuh dan punya prestasi yang bagus di sekolah, jadikan hadiah tersebut sebagai pemicu agar ibadah dan prestasi sekolah semakin baik ke depannya.

  1. Jangan Lupa Sedekah

Membiasakan diri untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan sangat penting ditanamkan sejak kecil. Aplagi mengajarkannya. Jika sudah mengerti mengenai zakat yang harus diberikan pada orang yang tidak mampu, maka sobat bisa menerapkan hal ini pada saudara yang lebih muda. Potong sedikit sejumlah salam tempel yang diterima, minta kesediaan mereka untuk ikhlas memberikan sebagian kecil uang itu untuk orang yang lebih membutuhkan. Serahkan keputusan di tangan mereka, kemana uang itu akan diberikan, apakah untuk tetangga yang membutuhkan atau disumbangkan ke panti asuhan misalnya.

Tips Menata Rumah jelang Lebaran

  1. Bersihkan Halaman

Halaman atau beranda rumah tentu menjadi poin utama dari rumah yang paling diperhatikan para tamu. Gunting daun-daun tanaman yang layu dan menguning, potong rumput yang tumbuh panjang dan bersihkan pot-pot yang mulai lusuh. Jangan lupa menyapu dan mengepel lantai teras, serta merapikan kursi-meja agar terlihat bersih juga terawat.

  1. Dekorasi

Tak perlu mahal-mahal dalam mendekorasi ebberapa bagian rumah. Sobat juga bias menata tirai atau taplak rumah jangan sampai luput dari kegiatan bersih-bersih. Ganti tirai lama dengan yang bersih, tak perluj baru, untuk membuat suasana rumah lebih cerah. Selain itu, pastikan alas meja yang digunakan bersih dari noda. Usahakan menggunakan warna senada untuk tirai dan taplak agar tampilan rumah lebih ‘mengundang’ tamu untuk masuk.

  1. Bersihkan Debu

Karpet biasanya menjadi tempat utama yang penuh debu. Hal itu akan membuat tamu-tamu tak tidak nyaman. Terlebih lagi sofa yang kotor dan banyak terkena noda. Bersihkan debu karpet dengan alat penyedot debu dan jemur sebentar di bawah sinar matahari untuk menghilangkan serangga-serangga kecil yang mengganggu. Untuk sofa, jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, maka bersihkan seperlunya dengan lap lembab. Jika banyak noda yang tidak bisa hilang, tutupi sofa dengan kain cantik bernuansa etnik.

  1. Jaga Kebersihan Perabotan

Walaupun pembantu sedang tidak ada, bukan berarti lantai absen dari pel dan sapu. Pastikan Anda tetap membersihkan lantai setiap hari. Apalagi jika tamu akan membuka alas kaki ketika masuk ke rumah. Untuk tetap menjaga kebersihan ruangan, jangan lupa sediakan keset di depan pintu dan tempat sampah yang cukup terlihat pada beberapa lokasi strategis. Setelah perangkat besar bersih, jangan lupa singkirkan debu dari permukaan pajangan, TV, keramik, kulkas, lemari, komputer dan kasa-kasa jendela.

  1. Atur Ulang

Menerima tamu, apalagi dalam jumlah besar seringkali memerlukan penataan yang berbeda di dalam rumah. Atur kursi-kursi dan meja sehingga para tamu bisa nyaman bergerak. Letakkan beberapa meja kecil untuk kudapan yang bisa diisi dengan kue-kue kering atau permen. Perkirakan jumlah tamu yang datang berbarengan. Jika jumlah kursi tidak mencukupi, siapkan setting ruangan dengan gaya lesehan. Sekali lagi, pastikan karpet yang digunakan sudah bebas debu.

  1. Kue dan Permen

Siapkan dan tempatkanlah kue-kue kering dalam toples cantik. Ditambah dengan hiasan cantik tentu lebih menarik. Ukuran toples jangan terlalu besar. Pilih toples yang mungil saja, tapi jumlahnya cukup banyak untuk ditaruh di atas meja. Isi tiap toples dengan jenis kue yang berbeda untuk menarik tamu mencobanya. Sebagai variasi, tempatkan juga permen dan cokelat dengan bungkus warna-warni. Anak-anak dari kerabat atau teman Anda pasti akan suka.

  1. Pengharum Ruangan

Unga yang beraroma segar bias menjadi pengharum ruangan yang akan membuat rumah sobat spirit lebih wangi dan menyegarkan. Pilih bunga-bunga yang menyebarkan harum menyenangkan seperti sedap malam, anyelir, krisan, aster, atau letakkan melati dalam jumlah banyak dalam satu mangkuk cantik. Jika tidak sempat membeli bunga, sobat juga bisa menyemprotkan pengharum untuk menyegarkan ruangan.

Tips Jaga Pahala Puasa

 

  1. 1.  Jangan Dusta

Dimana-mana yang namanya berdusta atau berbohong itu memang tidak disarankan. Tak hanya dikala puasa saja, bahkan di kehidupan sehari-hari. Atau orang Banjar bilang, bakaramput, dan sebagainya. Apalagi para pemuda seperti sobat spirit Ramadhan. Bahkan berbohong dmi kebaikan pun tetap mengurangi pahala. Jadi, jujur aja deh!

  1. 2.  Kontrol Bergunjing

Ngomooooong mulu kerjaannya dari pagi sampai petang. Jangan salah, sedikit banyaknya akan terselip-selip sobat membicarakan orang lain, maka itu artinya gibah. Gibah atau naminah artinya mirip-mirip, menggunjing, berprasangka, menggosip, dll. Namun namimah biasanya ditambah dengan analisa-analisa dan kata-kata penegas lainnya. Jika memang tak mampu mengingatkan, diam lebih baik.

  1. 3.  Bersaksi Palsu

Ini mirip aja sama tips yang di atas. Tetapi kali ini ada tindak lanjutnya yaitu memberikan keterangan yang sebenarnya belum tahu kepastiannya dan keterangan tersebut bersumber dari keterangan orang lain yang tak jelas pula kebenarannya.

  1. 4.  Memandang Dengan Syahwat

Tidak terkhusus kaum cowok, tapi cewek juga. Kadang ini, sih wabah yang sangat lumrah dikalangan anak muda. Memandang dengan nafsu. Semisal jika ada cewek yang sudah masuk dalam pandangan dan membuat pikiran menjadi negatife, maka berkuranglah pahala puasa. Apalagi melongo bersama teman disampaing yang memangdang sambil membaca istigfar. Ya sama aja kan, melihat disertai dengan nafsu. Maka dari itu, jagalah pandangan kita terhadap apapun yang ada dihadapan kita.

  1. 5.  Berkata Yang Tercela

Banyak sekali kata-kata tercela, kotor, caci-maki, sumpah serapah, apalagi marah-marah, ya jelas membahayakan pahala puasa. Maka lebih baik, Sobat Spirit Ramadhan menghindarinya. Berkatalah yang baik dan berbahasalah yang santun. Agar tidak menimbulkan gejolak emosi dan di antar orang lain dan diri sendiri.

  1. 6.  Taqwa

Memangmasih banyak yang harus dihindari saat menjaga pahala puasa. Yang jelas, jika kita masih mengerjakan apa yang diperintahkan Tuhan dan menjauhi segala yang dilarang, maka Insya Allah pahala puasa kita akan diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa. Serta dirahmatinya kita di Ramadhan kali ini, hingga Ramadhan yang berikutnya. Amin.